Sukses

5 Aplikasi dengan Peningkatan Akses Tinggi Saat Ramadan dan Lebaran di Jaringan Telkomsel

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mengumumkan, selama Ramadan dan Idulfitri 2022 terjadi peningkatan trafik internet sebesar 9 persen dibandingkan hari normal. Peningkatan ini setara 21 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Total bandwitdh Telkomsel yang terpakai selama masa Ramadan dan Lebaran 2022 setara 45,1 Petabyte (PB). Peningkatan lalu lintas data ini merupakan imbas dari perubahan ke gaya hidup digital masyarakat Indonesia, yang terjadi selama dua tahun pandemi Covid-19 melanda.

Jika layanan data bertumbuh, layanan legacy Telkomsel seperti SMS dan panggilan suara (voice) justru menurun 31 persen pada Idulfitri 2022, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

VP Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono menyebut, peningkatan trafik internet Telkomsel disumbang oleh layanan komunikasi seperti aplikasi pesan dan video conference yang naik 21 persen.

Kemudian trafik karena layanan mobile gaming meningkat 17 persen, streaming video meningkat 16 persen, dan akses media sosial naik 3 persen dibanding hari biasa.

Telkomsel juga mencatat, ada lima aplikasi yang aksesnya meningkat selama momen Ramadan dan Idulfitri 2022.

- Akses atas aplikasi WhatsApp tumbuh 35 persen

- Akses atas aplikasi TikTok meningkat 16 persen

- Akses atas aplikasi Instagram naik 15 persen

- Akses atas aplikasi YouTube melonjak 13 persen

- Akses atas aplikasi Facebook meningkat 1 persen dibandingkan hari biasa.

Aktivitas digital pelanggan tersebut ikut berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen Ramadan dan Idulfitri 2022 dibanding hari biasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 4 halaman

Wilayah dengan Peningkatan Trafik Internet Saat Ramadan dan Idulfitri

Sementara, wilayah operasional yang mengalami peningkatan trafik selama periode ini adalah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat sekitar 43 persen.

Disusul dengan Kabupaten Garut Jawa Barat yang trafiknya naik 34 persen, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah yang trafiknya naik 50 persen, Kabupaten Cirebon Jawa Barat yang trafiknya tumbuh 28 persen, serta Kabupaten Ciamis Jawa Barat yang trafiknya naik 42 persen.

Telkomsel mencatat, seiring momen mudik Lebaran, ada pergerakan signifikan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah tujuan mudik. Mulai dari Pulau Jawa, yakni di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Jika dirinci, wilayah Jawa Barat mengalami peningkatan kedatangan pelanggan 13 persen. Sementara Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa timur meningkat 6 persen dibandingkan hari biasa.

Sekadar informasi, tahun 2022 ini, guna mempersiapkan tingginya trafik internet di tengah momen Lebaran dan Idulfitri, Telkomsel mengoptimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 500 titik keramaian/ POI.

Jumlah itu mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan Covid-19, 56 area transit transportasi (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, dan 18 masjid raya.

"Kami bersyukur dapat mengoptimalkan seluruh aset ekosistem perusahaan untuk memberikan pengalaman aktivitas digital terbaik bagi seluruh pelanggan selama momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini," kata Saki.

3 dari 4 halaman

Uji Jaringan Lebih dari 15 Ribu Km Rute Mudik

Operator telekomunikasi Telkomsel melakukan penambahan infrastruktur BTS 4G/LTE dan mengoperasikan Compact Mobile BTS (COMBAT), dalam rangka memperkuat akses jaringan internet di titik transit transportasi dan jalur mudik Lebaran 2022.

Hal diungkap oleh perusahaan telekomunikasi plat merah itu, dalam konferensi pers pemantauan mudik Lebaran 2022 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Jakarta, pada Jumat pekan ini.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho, dalam konferensi persnya, mengatakan mereka menyambut baik kolaborasi yang telah dibangun oleh Kemkominfo selama ini, dalam menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri di setiap tahunnya.

"Telkomsel telah memastikan kesiapan akses jaringan telekomunikasi terutama broadband yang merata dan berkualitas guna menunjang aktivitas digital masyarakat di titik transportasi dan jalur mudik momen Lebaran 2022," kata Nugroho.

Memasuki Ramadan 2022, mengutip siaran pers, Minggu (1/5/2022), Telkomsel telah menggelar serangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 kilometer.

Upaya ini difokuskan untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan broadband yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia, terutama jalur mudik di Pulau Jawa dan Sumatera, yang diprediksi menjadi jalur paling padat di mudik Lebaran 2022.

4 dari 4 halaman

Penambahan BTS 4G

Untuk jalur mudik Pulau Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, telah ditambah 516 unit BTS (Base Transceiver Station) 4G/LTE baru, pengoperasian 40 unit COMBAT, serta pembaruan atau upgrade di 266 unit BTS 4G/LTE.

Sementara untuk mengamankan jaringan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera, Telkomsel menambah 115 unit BTS 4G/LTE baru, dengan pengoperasian 16 unit COMBAT, serta melakukan pembaruan di 271 BTS 4G/LTE.

139 Posko Telkomsel Siaga juga digelar untuk melayani berbagai kebutuhan pelanggan terkait produk dan layanannya, terutama di sepanjang jalur dan titik transit mudik seperti bandara, pelabuhan, terminal, stasiun kereta, dan sejumlah rest area jalur tol utama.

Pengamanan jaringan juga difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

POI ini mencakup 104 area residential, 4 rumah sakit rujukan utama Covid-19, 56 arena transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal danpelabuhan), 299 area khusus (pusat pelayanan publik dan perbelanjaan), 19 area jalur mudik, dan 18 masjid raya.

Peningkatan kapasitas di 872 unit BTS 4G/LTE dan penambahan 688 unit BTS 4G/LTE baru juga dilakukan sebagai upaya penguatan kualitas jaringan. Dioperasikan juga tambahan 60 unit COMBAT di seluruh wilayah POI Ramadan-Idul Fitri 2022.

Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan sekitar 932 Gbps untuk Gateway GPRS Support Node (GGSN), sehingga total kapasitas yang akan melayani trafik komunikasi selama momen tersebut menjdai 10.032 Gbps.