Sukses

KBRI Bucharest Hadiri Salat Idul Fitri 2022 dengan Jemaah Terbanyak di Rumania

Liputan6.com, Bucharest - Warga muslim di Bucharest, Rumania juga telah merayakan Hari Raya Idul Fitri 2022 sebagaimana mestinya, meski pandemi COVID-19 belum berakhir. Dengan masih-masing saling menjaga protokol kesehatan.

Peringatan Hari Idul Fitri 2022 di Rumania jatuh pada 2 Mei 2022, sama seperti Indonesia.

KBRI Bucharest memantau kegiatan Salat Idul Fitri atau Salat Id di dua lokasi.

Tempat pertama yakni pelaksanaan Salat Id yang diadakan di Stadium Bola Dinamo Kota Bucharest. Menurut informasi KBRI Bucharest, yang dikutip Jumat (6/5/2022), tempat itu menjadi lokasi dengan jemaah Salat Id terbanyak di Rumania.

Salat Id di Stadium Bola Dinamo ini dihadiri langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Rumania dan Moldova yakni Muhammad Amhar Azeth. Ditemani segenap keluarga KBRI Bucharest.

Tempat kedua yakni pelaksanaan Salat Id yang diadakan di Masjid Hunchiar kota Constanta, Rumania. Prosesi Salat Id di Masjid Hunchiar dipimpin langsung oleh Murat Iusuf, Mufti dari komunitas Islam di Rumania.

Dalam rangka Lebaran 2022, Duta Besar Republik Indonesia untuk Rumania dan Moldova juga menggelar acara Halal bi Halal di kediamannya.

Acara tersebut dihadiri seluruh Tim KBRI Bucharest beserta keluarga, pekerja-pekerja Indonesia di Rumania hingga Perhimpunan Pelajar Indonesia di Rumania. Sejumlah perwakilan negara sahabat juga turut hadir, salah satunya adalah Duta Besar Malaysia untuk Romania, Tengku Datuk Sirajuzzaman Bin Tengku Mohamed Ariffin beserta istri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dubes Inggris: Selamat Idul Fitri 2022, Saling Memaafkan Setulus Hati

Duta Besar Inggris Owen Jenkins mengucapkan selamat hari raya Lebaran 2022, serta berbagi semangat agar terus bangkit dari pandemi COVID-19. Mobilitas masyarakat pada Hari Idul Fitri 2022 memang lebih ramai, sebab kasus COVID-19 sedang menurun, dan pemerintah membuka akses mudik. 

Meskipun kita masih dalam situasi pandemi namun harapan untuk bangkit kembali lebih kuat dan lebih baik akan selalu ada," ujar Dubes Inggris Owen Jenkins dalam video dari Kedutaan Besar Inggris, Selasa (3/5/2022).

"Semoga di hari yang fitri ini kita bisa kembali berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Saling memaafkan dengan setulus hati. Atas nama pemerintah Inggris, saya ucapkan hari raya Idul Fitri kepada seluruh masyarakat Indonesia yang merayakannya," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Dubes Ukraina: Semoga Idul Fitri 2022 Membawa Kesehatan dan Kedamaian

Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Keputusan soal Lebaran 2022 tersebut diambil berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah pihak.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hitungan hisab telah dikonfirmasi petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 99 titik di seluruh Indonesia. 

"Sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022 Masehi," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Selasa (1/5/2021).

Suka cita Idul Fitri 2022 turut dirasakan oleh Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Ia pun menyampaikan selamat kepada umat Muslim di Tanah Air.

"Saya mengucapkan selamat Idul Fitri pada saudara dan saudari Muslim kami di Indonesia," ucap Dubes Ukraina dalam tayangan video yang dibagikan pihak Kedutaan Besar dan dikutip Selasa (3/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, ia turut menyampaikan doa terbaik bagi bangsa Indonesia. "Semoga Idul Fitri tahun ini membawa berkah kesehatan dan kedamaian untuk kita semua, amin," ucap Dubes Ukraina Vasyl Hamianin.

4 dari 4 halaman

Pesan Idul Fitri Raja Salman

Sementara itu, Raja Salman menyapa warga Saudi, penduduk dan umat Islam di seluruh dunia pada malam Idul Fitri.

Pesan Raja itu disampaikan oleh pejabat menteri media, Majid Al-Qasabi.

Dilansir dari laman Arab News, Senin 2 Mei 2022, Raja Salman berdoa kepada Allah, memohon kepada-Nya untuk meringankan rasa sakit dan dampak negatif dari pandemi virus corona.

“Kami dengan senang hati mengucapkan selamat atas Idul Fitri yang diberkati. Semoga Allah melindungi negara kita dan negara-negara di dunia dari semua kejahatan dan bahaya, ”kata Raja.

Dia menambahkan: “Kami bersyukur kepada Allah karena telah menganugerahkan kepada kami dan Anda puasa dan melakukan shalat malam di bulan suci Ramadhan, berdoa untuk menerima dari kami semua perbuatan baik.

“Kami juga bersyukur kepada Allah karena telah mencapai hari raya Idul Fitri, kami berharap semoga Allah SWT meridhoi hati kita dengan Idul Fitri dan membantu kita semua untuk mencapai tujuan Idul Fitri yang diberkati dengan menunjukkan kebahagiaan dan kegembiraan.”

Raja Salman melanjutkan: “Allah telah menjadikan Idul Fitri sebagai kesempatan untuk keagungan moral, harmoni, persaudaraan, toleransi, dan pengampunan. Kehormatan besar yang Allah limpahkan kepada negara kita adalah dengan melayani Dua Masjid Suci, menjamin kenyamanan jamaah, jamaah umrah dan pengunjung, serta memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, yang merupakan kebanggaan bagi kita semua.