Sukses

7 Cara Mengatur Pola Makan Sehat Setelah Lebaran

Cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran perlu kamu terapkan agar terhindar dari penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran perlu kamu terapkan agar terhindar dari penyakit. Hal ini tentunya tidak lepas dari berbagai hidangan Lebaran seperti ketupat, opor ayam, hingga kue dan minuman manis memiliki kandungan yang tidak sehat untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Mengatur pola makan setelah lebaran dengan konsumsi makanan sehat sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Selain menghindari makanan Lebaran yang tidak sehat, konsumsi buah dan sayur adalah yang paling utama.

Cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, agar tubuh terhindar dari penyakit, kamu harus segera membatasi makanan Lebaran yang dapat menyebabkan kolesterol dan berbagai penyakit lainnya itu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/4/2022) tentang cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Setelah Lebaran

Utamakan Konsumsi Sayuran

Cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran yang pertama adalah mengutamakan konsumsi sayuran. Kandungan protein dari beberapa jenis sayur dan biji-bijian sangat baik untuk kesehatan. Kamu bisa menyiapkan sayuran dengan memotong-motongnya sebagai bahan makanan selama seminggu penuh. Misalnya, buatlah irisan jamur dan bawang bombai untuk digoreng nantinya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan salad sayur atau buah yang memiliki kalori lebih rendah dan tinggi serat sebagai diet setelah lebaran. Kamu juga bisa memilih menu salad yang lebih Indonesia, seperti gado-gado. Namun, saat membuat salad jangan tambahkan dressing yang tidak sehat seperti keju atau mayones. Sebaiknya gunakan saus kacang atau saus salad secukupnya agar kalori yang masuk ke tubuh tidak berlebihan. Kamu juga bisa mengganti menu saus dengan minyak zaitun yang lebih sehat.

Konsumsi Buah-buahan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran yang perlu diterapkan adalah konsumsi buah-buahan. Buah-buahan wajib menjadi menu makan ketika kamu berusaha untuk kembali mengonsumsi makanan sehat setelah lebaran.

Berbagai pilihan buah yang bisa kamu konsumsi adalah semangka, jeruk, pepaya, alpukat, atau apel. Buah-buahan yang tinggi serat akan membuat kenyang lebih lama dan menghindarkan kamu dari keinginan mengonsumsi makanan tinggi kalori, lemak dan gula seperti kue-kue atau makanan pencuci mulut lainnya.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Setelah Lebaran

Hindari Makanan Berlemak dan Bersantan

Menghindari makanan berlemak dan bersantan merupakan cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran yang sangat penting. Pasalnya, jika tidak sanggup menahannya maka buah dan sayur yang kamu konsumsi akan menjadi percuma. Maksimalkan upaya pola hidup sehat dengan menghindari makanan yang berisiko.

Perlu diketahui bahwa bagi orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan kurang baik, jangan memaksakan diri memakan makanan yang dapat memicu penyakit yang lebih parah. Hal ini perlu ditanamkan betul oleh mereka yang sudah lanjut usia, memiliki riwayat darah tinggi, dan gejala diabetes.

Hindari Junk Food

Kamu juga perlu menghindari dulu makanan junk food karena sudah jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh apalagi setelah lebaran. Jika kamu memang memiliki tekad untuk menerapkan pola makan yang sehat maka, itu semua bisa dimulai dengan mengurangi kebiasaan mengonsumsi junk food.

Zat-zat pengawet yang ada pada junk food jika masuk ke dalam tubuh nantinya akan mengganggu metabolisme, apalagi jika kamu sering mengonsumsinya. Junk food memang memiliki rasa dan tekstur yang sangat menggiurkan, namun dampaknya kamu bisa mudah mengalami obesitas dan gangguan pencernaan lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Setelah Lebaran

Ganti Daging Merah dengan Ikan

Cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran berikutnya adalah mengganti daging merah dengan ikan. American Heart Association merekomendasikan kamu untuk makan setidaknya dua porsi ikan per minggu. Oleh karena itu, kamu harus menyimpan stok ikan di dalam kulkas sebagai pengganti konsumsi daging merah saat lebaran.

Ikan kaya akan omega-3 yang bagus untuk kolesterol dalam tubuh. Jadi, persiapkan jenis ikan yang kamu suka dalam kulkas agar tidak perlu berbelanja lagi. Untuk mempermudah, lebih baik pilih ikan yang bisa langsung dimasak saat masih beku.

Ganti Minuman Manis Lebaran dengan Smoothie

Mengganti minuman manis lebaran dengan smoothies merupakan salah satu cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran. Tips yang satu ini akan membantu melepas kerinduan kamu dengan minuman manis saat Lebaran. Kamu bisa membuat smoothies dengan paduan buah, selai kacang, dan tambahan lainnya seperti parutan kelapa, bubuk cokelat, biji chia, hingga kacang mete. Bisa juga menambahkan bahan lain seperti susu, air kelapa, hingga kefir.

Smoothies umumnya minuman yang semua manfaat buah dan sayuran di dalamnya bisa dirasakan, mulai dari vitamin dan mineral, serta serat. Berbagai kandungan tersebut tentunya punya segudang manfaat untuk kesehatan pencernaan

Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengatur pola makan sehat setelah Lebaran yang terakhir adalah memperbanyak minum air putih. Saat Lebaran, mungkin kamu terlalu banyak minum es buah, es cendol, minuman bersoda, dan minuman sarat gula lainnya. Setelah lebaran berakhir, lebih baik perbanyak konsumsi air putih. Kamu tentu tahu bahwa cukup minum air putih 8 gelas setiap harinya atau sekitar 2 liter sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Air putih, selain murah dan mudah didapat, merupakan satu-satunya minuman yang 0 kalori dan sehat untuk tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi sebanyak apa pun tidak akan menambah ekstra kalori untuk tubuh kamu.

Walaupun bisa mengatur kembali pola makan sehat setelah lebaran, sebaiknya kamu tetap membatasi konsumsi berbagai makanan lebaran yang tidak sehat. Dengan begitu, berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, diabetes, hingga obesitas dapat kamu hindari setelah lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.