Sukses

Alasan Kenapa Banyak Pengguna Upgrade HP Jelang Lebaran

Mayoritas responden mengatakan, Ramadan menjadi momen yang tepat bagi mereka untuk meng-upgrade HP Android atau iPhone mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki minggu terakhir bulan Ramadan dan menyambut hari Lebaran, ternyata banyak pengguna smartphone berkeinginan untuk ganti ponsel mereka.

Hal ini diketahui berdasarkan survei yang dilakukan oleh Xiaomi selama 14-17 April 2022, dengan 543 responden berusia 20-35 tahun.

Mayoritas responden mengatakan, Ramadan menjadi momen yang tepat bagi mereka untuk meng-upgrade HP Android atau iPhone mereka.

Toh smartphone kini telah menjadi kebutuhan wajib untuk memenuhi kebutuhan, entah itu untuk berkomunikasi, menikmati hiburan, hingga produktivitas.

Sejalan dengan perkembangan, teknologi dan fitur yang dihadirkan makin meningkat. Karena inilah masyarakat meng-upgrade smartphone ke seri yang lebih baru.

Hasil survei, 43,1 persen responden memilih Ramadan sebagai momen tepat untuk ganti smartphone.

Alasannya, 5,1 persen menganggap ponsel yang dimiliki sudah harus diganti dan 35,4 persen mengatakan ingin menikmati inovasi terbaru di HP seri baru.

Faktor lain yang menjadi alasan upgrade ponsel adalah, prosesor mumpuni untuk mendukung kinerja berat, kamera berkualitas, baterai besar, dan layar nyaman untuk dipakai dalam berbagai kondisi.

Hal lain yang juga jadi pertimbangan adalah fitur NFC. Fitur ini wajib hadir di smartphone model baru karena meningkatnya pembayaran nontunai.

Selain itu, ponsel baru juga dilengkapi dengan kamera dan teknologi AI lebih mumpuni. Terungkap, 51,9 persen responden ingin bisa mengabadikan foto bersama saat hari raya Idul Fitri dengan menggunakan smartphone baru.

Sementara 13 persen responden memilih menggunakan smartphone baru mereka untuk video call dengan teman dan keluarga. 11,9 persen responden ingin bermain gim dengan ponsel baru saat Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masyarakat Ingin Smartphone Berkamera Baik

Xiaomi 12. Dok: Xiaomi Indonesia

Hal ini memperlihatkan, masyarakat ingin smartphone yang menghasilkan kualitas foto terbaik di segala kondisi.

Untuk itulah, smartphone perlu memiliki jenis kamera berbeda. Mulai dari kamera utama, ultra-wide, makro, dan kamera selfie.

Xiaomi menilai, saat ini kamera 108MP adalah kamera smartphone terbesar dan paling dicari, kamera kemmapuannya menghasilkan gambar dengan ketajaman yang baik.

Teknologi AI (artificial intelligence) menjadi nilai plus bagi sebuah smartphone, kamera dengan AI, smartphone mampu bekerja lebih baik dalam menganalisa kondisi cahaya dan pemrosesan sebuah foto.

Konsumen Ingin Manfaatkan THR

Pada saat responden ditanya tentang apa pertimbangan hingga akhirnya membeli smartphone saat bulan Ramadhan atau jelang Hari Raya Idulfitri, 45,1 persen menjawab bahwa momen Ramadan ini merupakan kesempatan bagi mereka mendapatkan penawaran terbaik untuk smartphone pilihan mereka.

Sementara, 20,1 persen menyatakan, momen Ramadan jadi waktu terbaik untuk beli ponsel karena baru mendapatkan THR.

 

3 dari 4 halaman

Smartphone di Bawah Rp 4 Juta Jadi Pilihan Favorit

Tampilan Redmi Note 11 Pro yang baru saja diumumkan untuk pasar global. (Dok: Xiaomi)

Mayoritas responden, yakni 74,9 persen responden memilih smartphone di rentang Rp 2-4 juta sebagai perangkat yang ingin dibelinya.

Bagi Xiaomi, hal ini tidak mengherankan pasalnya segmen entry-mid range merupakan segmen terbesar yang menjadi favorit masyarakat.

Sementara soal faktor penting yang harus ada di dalam smartphone pilihan, 77,5 persen ingin smartphone compact yang memiliki desain menarik dan elegan, serta 48,4 persen ingin membeli perangkat kamera yang mumpuni.

Menanggapi Survei Ramadan 2022, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse menyampaikan, teknologi smartphone telah berkembang sedemikian pesat dan bukan hanya sekedar perangkat komunikasi saja, namun juga bisa menjadi jawaban bagi mereka yang ingin mengabadikan momen kebersamaan di hari raya.

“Redmi Note 11 Series merupakan smartphone jawara yang hadir dengan segala keunggulan di setiap aspek mulai dari layar, desain, performa, baterai, kamera, dan fitur pelengkap lainnya," katanya.

Alvin lebih lanjut menyatakan, seri Redmi Note adalah pilihan pintar dalam mendapatkan smartphone yang bisa mendampingi segala aktivitas pengguna sehari-hari.

 

4 dari 4 halaman

Xiaomi Tawarkan Harga Khusus

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse memamerkan dua smartphone terbaru Xiaomi, Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro (Foto: Xiaomi Indonesia).

Sebelumnya, Xiaomi menawarkan harga khusus untuk berbagai produk smartphone dan AIoT-nya selama periode Ramadhan, tanggal 18-25 April 2022.

Harga khusus ini ditawarkan melalui kampanye #LebihBaikDenganXiaomi yang tersedia di platform online store Xiaomi maupun official store Xiaomi Indonesia di e-commerce.

Sejumlah produk yang ditawarkan Xiaomi pada program ini mulai dari TWS Redmi Buds 3 Pro yang dijual Rp 649 ribu dan Redmi Buds 3 yang dijual Rp 399 ribu.

Keduanya bisa dipakai oleh pengguna untuk mendengarkan ceramah atau murotal Alquran selama Ramadan, termasuk ketika sedang di transportasi umum.

Xiaomi juga menyediakan penawaran khusus untuk laptop RedmiBook 15 yang dijual mulai Rp 6,999 juta untuk mendukung aktivitas bekerja atau silaturahmi daring saat Idulfitri.

Bagi mereka yang gemar olahraga ringan sembari menunggu waktu berbuka, Xiaomi menyediakan jam pintar Redmi Watch 2 Lite yang dijual Rp 799 ribu.

Untuk mereka yang gemar menonton streaming di layar besar, Xiaomi menghadirkan promo harga untuk Mi TV 4 55 inci yang dibanderol Rp 5,699 juta. Ada pula Mi TV 4 55 inci Bezel-less 4K yang dijual Rp 7,899 juta, serta Mi TV Stick yang dibanderol Rp 499 ribu.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.