Sukses

Tiket Kereta Api ke Jateng dan Jatim pada 27 April-1 Mei Nyaris Habis, Tinggal H+Lebaran

Pada periode itu, tiket mudik yang masih tersedia hanya untuk jenis KA perjalanan jarak sedang, seperti Cirebon dan Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang ingin mudik menggunakan kereta api ke Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 27 April hingga 1 Mei 2022, nampaknya harus mengalihkan ke moda transportasi lain. Sebab pada periode tersebut, tiket kereta sudah nyaris ludes terjual.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan bahwa tiket mudik kereta api tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 27 April hingga 1 Mei 2022 sudah terjual hingga sekitar 95-99 persen.

"Artinya, perjalanan mulai tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2022 tingkat keterisiannya sudah sangat padat, sudah 95-99 persen," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Ia mengatakan, pada periode itu tiket mudik yang masih tersedia hanya untuk jenis KA perjalanan jarak sedang, seperti Cirebon dan Bandung.

"Kalau untuk Jawa Tengah atau Jawa Timur okupansinya sudah sangat padat sekali," tuturnya, yang dilansir dari Antara.

Ia menyarankan kepada pengguna jasa KA yang baru akan melakukan pemesanan tiket untuk memilih tanggal usai perayaan Lebaran jika tetap ingin menggunakan kereta api sebagai transportasi mudik.

"Ada tanggal-tanggal yang masih dalam momen Lebaran, misalnya seperti H+1 H+2 H+3, ini bisa menjadi alternatif. Pada tanggal 3-5 Mei masih dapat ketersediaan tempat duduk sekitar 50 persen," tuturnya.

Eva mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan jasa kereta api untuk mengatur barang bawaannya mengingat jumlah penumpang yang cukup padat.

"Mohon untuk mengatur barang bawaannya. Artinya jangan membawa barang terlalu berlebihan dan bisa menimbulkan resiko tertinggal ataupun juga karena kerepotan hingga akhirnya ditinggal di KA," katanya.

Di samping itu, ia juga mengimbau kepada para pemudik untuk memperhatikan keterangan waktu pemberangkatan.

"Ada dua keterangan waktu. Pertama waktu keberangkatan dari Stasiun awal, yang kedua waktu kedatangan KA di Stasiun tujuan. Nah ini ada beberapa yang salah membaca akhirnya tertinggal KA. Jadi perhatikan kembali pada tiket tanggal dan jam keberangkatan," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paling Diminati Tanggal 27 April

Eva Chairunisa mengatakan, tiket keberangkatan kereta api pada tanggal 27 April sampai 1 Mei 2022 paling banyak dipesan pemudik yang akan meninggalkan Jakarta dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. 

"Paling banyak diminati masyarakat, pemesanan sudah banyak dilakukan sejak jauh hari sebelumnya,” kata Eva dalam keterangannya, dikutip Senin (25/4/2022). 

Menurut Eva, pada tanggal tersebut keterisian tempat duduk sudah mencapai 90 sampai 97 persen.

Untuk itu, PT KAI Daop 1 mengimbau kepada calon penumpang yang baru akan melakukan pemesanan, dapat memilih tanggal keberangkatan 25-26 April atau mencari tanggal alternatif diluar tanggal favorit.

"Seperti berangkat diantara tanggal 3 s.d 5 Mei yang masih memiliki ketersediaan tiket belum dipesan sekitar 43 ribu kursi,” kata Eva.

Eva menjelaskan, periode masa angkutan lebaran 1443 H, ditetapkan mulai H-10 sampai H+10 lebaran, atau 22 April sampai 13 Mei 2022 dengan total jumlah tempat duduk (TD) yang disediakan sebanyak 785.800. 

"KA Jarak Jauh diprogramkan rata-rata 61 perjalanan per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 35.700 per hari, 15.900 Stasiun Gambir dan 19.800 Pasarsenen. Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100%,” jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Syarat Perjalanan

Selain itu, sebagai alternatif Eva menyarankan masyarakat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan kereta.

"Fitur tersebut akan membantu mencari alternatif KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” kata dia.

Sampai dengan 24 April, lanjut Eva, Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek sebanyak 289.500 tiket KA Jarak Jauh telah terjual untuk keberangkatan Pra Lebaran periode 22 April s.d 1 Mei. “Dengan okupansi 81 persen dari total tiket yang disediakan yakni 358.100 tempat duduk,” pungkasnya.

Adapun, Daop 1 Jakarta meminta calon penumpang KA untuk memperhatikan kembali persyaratan perjalanan dengan KA sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022. 

Berikut persyaratan lengkap persyaratan perjalanan dengan KA sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022:

1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19 

2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam.

3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen. 

6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.AdvertisementFO

4 dari 4 halaman

Kereta Tambahan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali menambah perjalanan kereta api untuk Angkutan Mudik Lebaran 1443 H / 2022 M.

Terdapat 92 perjalanan kereta tambahan lagi atau rata-rata 6 perjalanan KA per harinya yang akan beroperasi pada periode 24 April s.d 10 Mei 2022 dengan kapasitas total tempat duduk KA-KA tambahan ini yaitu 58.940 tempat duduk atau rata-rata 3.467 tempat duduk per hari.

Berikut daftar KA tambahan tersebut:

1. KA Tambahan Gambir - Solo Balapan (Gambir - Solo Balapan) beroperasi 25 April s.d 9 Mei 2022

2. KA Tambahan Solo Balapan - Gambir (Solo Balapan - Gambir) beroperasi 25 April s.d 9 Mei 2022

3. KA Tawang Jaya (Semarang Poncol - Pasar Senen pp) beroperasi 25 April s.d 9 Mei 2022

4. KA Jaka Tingkir (Purwosari - Pasar Senen) beroperasi 24 April s.d 9 Mei 2022

5. KA Jaka Tingkir (Pasar Senen - Purwosari) beroperasi 25 April s.d 10 Mei 2022

“Penambahan perjalanan kereta api kami sediakan untuk masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik atau balik di rute-rute favorit pada masa angkutan lebaran tahun ini,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, ditulis, Jumat (22/4/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.