Sukses

Antisipasi Rem Blong, Cek Lagi Komponen Ini

Ketika hendak mudik Lebaran menggunakan mobil, memeriksa mesin dan mengganti oli mesin dianggap sudah cukup. Sementara pemeriksaan pada sistem pengereman ala kadarnya. Asal pakem, dianggap sudah cukup.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika hendak mudik Lebaran menggunakan mobil, memeriksa mesin dan mengganti oli mesin dianggap sudah cukup. Sementara pemeriksaan pada sistem pengereman ala kadarnya. Asal pakem, dianggap sudah cukup.

Padahal fungsi rem pada mobil sangat penting untuk mengendalikan laju kendaraan terutama saat melakukan perjalanan jauh dan berkendara di jalan tol.

Menurut Benny Wijaya Lien, General Manager PT Sanjusan Hazana Motor, banyak kecelakaan terjadi di jalan yang disebabkan oleh komponen rem yang bekerja kurang sempurna terutama pada brake pad dan brake fluid.

"Seperti halnya rem blong yang disebabkan oleh daya cengkraman brake pad atau kampas rem yang hilang akibat brake pad dan brake disc yang overheat, sehingga menyebabkan tekanan hidrolik hilang akibat dari brake fluid yang ikut mendidih," terangnya.

Brembo menyarankan agar masyarakat melakukan pergantian cairan hidrolik rem (brake fluid) setiap 18 bulan atau 20.000 km dan setiap 10.000 km dílakukan service rem sekaligus untuk mengetahui kondisi ketebalan brake pad.

Brembo memberikan program diskon 50 persen untuk kampas rem Avanza. Kesempatan ini terbatas untuk 100 pemilik Avanza. "Ini hanya di periode Lebaran saja, siapa cepat dia dapat. Cuma untuk 100 orang," jelas Benny

Selain itu ada gratis kampas rem dan minyak rem Brembo khusus untuk 20 orang pertama yang telah melakukan transaksi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Brake Pad

Khusus brake pad, Brembo menawarkan ceramic untuk penggunaan mobil harian. Brake pad ini mengandung 30 persen metal sehingga koefisien gesekan lebih tinggi untuk membantu jarak pengereman lebih baik.

Banderolnya berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu per set, tergantung jenis mobil.

Komponen Brembo selanjutnya adalah brake disk Brembo yang dijual Rp 600 ribu sampai Rp 1,2 juta per unitnya.

Untuk brake fluid, terdapat dua spesifikasi DOT 4 dan DOT 5.1. Perbedaan keduanya adalah pada titik didiih.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.