Sukses

Puasa Selama Ramadhan Makin Asyik dengan 5 Aplikasi Ini

Tanpa panjang lebar, berikut beberapa aplikasi agar kegiatan puasa di bulan Ramadan ini semakin menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin berkembangnya dunia digital dan teknologi, beberapa dari kamu pasti memiliki cara tersendiri untuk menghabiskan waktu selama bulan Ramadhan kali ini.

Dengan kehadiran aplikasi mobile yang semakin beragam, kegiatan berpuasa selama Ramadan pun dapat dilakukan dengan lebih menyenangkan.

Tak hanya menikmati hiburan, kamu dapat memanfaatkan HP Android dan iOS dan aplikasi untuk mengumpulkan pahala dan membantu beribadah di bulan suci tahun ini.

Bagi yang mengalami kesulitan bangun saat sahur, sejumlah aplikasi pun dapat digunakan untuk bisa bangun, pengingat waktu salat, hingga waktu berbuka puasa.

Tanpa panjang lebar, berikut beberapa aplikasi agar kegiatan puasa di bulan Ramadan ini semakin menyenangkan:

1. Aplikasi chatting

Aplikasi chatting termasuk jajaran aplikasi wajib ada di HP Android dan iOS saat bulan puasa.

Selain untuk mengobrol, aplikasi chatting seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telegram, hingga Signal pun dapat digunakan untuk menggali dan berbagi informasi.

Kamu bisa memanfaatkan fitur LINE Today, bilamana ingin mendapatkan informasi sekaligus saling mengirim pesan dengan teman-teman atau keluarga.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Aplikasi media sosial

(ilustrasi/guim.co.uk)

Asalkan dapat mengatur waktu dan tidak kebablasan, tidak ada salahnya menggunakan media sosial selama bulan Ramadan.

Lewat aplikasi medsos, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, kamu bisa mendapatkan beragam informasi menarik mulai dari menu makanan berbuka puasa dan yang lainnya.

Kendati demikian, kamu harus bisa mengontrol aktivitas di media sosial. Setidaknya, jangan membuat ujaran kebencian atau menghina unggahan orang lain di media sosial, yang akan mengurangi pahala di bulan puasa. Kamu juga harus mengaplikasikan hal ini di kehidupan sehari-hari.

3. Aplikasi alarm

Aplikasi alarm merupakan salah satu produk digital yang harus dimiliki, terutama saat Ramadan.

Salah satunya berfungsi untuk membantu kamu agar tidak melewatkan waktu sahur. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu kamu latihan agar terbiasa bangun untuk sahur.

 

3 dari 3 halaman

4. Aplikasi pengeditan foto

Ilustrasi Edit Foto (Photo by Olya Kobruseva from Pexels)

Bagi kamu yang suka berburu foto, maka sebaiknya unduh aplikasi pengeditan foto seperti Snapseed, Lightroom, atau VSCO. Aplikasi pengeditan memiliki beragam fitur menarik untuk membuat foto kamu semakin bagus.

Sambil menunggu buka puasa, kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengedit foto. Kemudian, hasil kreasi tersebut bisa diunggah ke media sosial.

5. Aplikasi untuk memperlancar ibadah

Salah satu aplikasi yang bisa membuat aktivitas saat Ramadan kian bermanfaat adalah Muslim Pro. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fungsi, seperti Adzan saat waktu shalat, petunjuk arah kiblat dan ayat Al-Qur'an. Kamu bisa menggunakannya kapan dan di mana pun.

Selain Muslim Pro, ada berbagai aplikasi serupa lainnya di App Store dan Google Play Store. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan keinginan.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.