Sukses

4 Doa untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh

Berikut ini doa-doa untuk orang sakit agar cepat sembuh.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam diajarkan untuk mendoakan orang yang sakit agar segera sembuh. Ini juga sebagai amalan yang mendatangkan pahala. Doa untuk kesembuhan orang sakit ada banyak macamnya, beberapa di antaranya telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut beberapa di antaranya:

Rasulullah SAW kerap menjenguk sahabatnya yang sakit sambil membacakan doa untuk orang sakit. Tujuan membaca doa adalah supaya Allah SWT segera mengangkat penyakit yang diderita seseorang serta memberikan kesembuhan pada orang sakit tersebut.

Berikut ini adalah salah satu doa untuk kesembuhan orang sakit yang dibaca Rasulullah SAW seperti yang terdapat dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya:

" Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Doa lainnya

Selain doa di atas, ada doa untuk kesembuhan orang sakit lainnya. Doa ini juga berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Bahwa Rasulullah SAW menganjurkan membaca doa berikut ini di hadapan orang sakit sebanyak 7 kali.

Dengan membaca doa untuk kesembuhan orang sakit yang satu ini, diharapkan Allah SWT segera mengangkat penyakit yang diderita orang tersebut.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alu allahal adzhiima rabbal ‘arsyil ‘adzhiimi an yassfiyaka.

Artinya:

“ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa lainnya

Dalam Kitab Al Adzkar karangan Imam Nawawi, berikut doa lain untuk mendoakan orang sakit di hadapan kita:

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u. Laa kaasyifa lahu illaa anta.

Artinya:

“ Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Engkau."

Rasulullah SAW membaca doa untuk kesembuhan orang sakit berikut ini ketika menjenguk Salman Al-Farisi RA. Doa ini juga bisa kamu baca untuk mendoakan orang sakit yang sedang kamu jenguk.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya:

" Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.