Sukses

Ramadhan 2022: Jurgen Klopp dan Pep Guardiola Paling Pengertian Soal Pemain Muslim

Dua klub Liga Inggris, Manchester City dan Liverpool mendapat pujian dari Muslim Chaplains in Sports (MCS). Itu merupakan sebuah organisasi yang memberi edukasi soal panduan Islam untuk para pemain muslim yang bermain di Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Dua klub Liga Inggris, Manchester City dan Liverpool mendapat pujian dari Muslim Chaplains in Sports (MCS). Itu merupakan sebuah organisasi yang memberi edukasi soal panduan Islam untuk para pemain muslim yang bermain di Liga Inggris.

Direktur Pelaksana MCS, Ismail Bhamji menuturkan kedua klub punya cara pandang yang progresif soal para pemain muslim. Salah satunya terjadi saat bulan Ramadan.

"Man City dan Liverpool adalah yang terbaik dan saya lihat pondasinya ada di kedua klub tersebut," kata Bhamji seperti dilansir BBC.

"Pep Guardiola (manajer Man City) dan Jurgen Klopp (Liverpool) menonjol karena mereka punya pikiran yang progersif. Jadi saya melihat ada perkembangan yang dibuat klub di setiap musimnya," katanya menambahkan.

Bhamji sendiri aktif mengisi diskusi saat Ramadhan seperti saat ini. Ia mendatangi markas klub untuk berdiskusi dan berdialog soal panduan untuk para pemain muslim.

Ia menuturkan, klub kerap bernegosiasisoal izin untuk tak berpuasa Ramadhan bagi para pemain muslim. "Sebetulnya, seorang pemain tidak diperbolehkan karena ada persyaratan tertentu. Saya harus terbuka kepada mereka soal realita itu," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Beri Panduan

Lebih lanjut, Bhamji menuturkan, MCS bisa memberi saran kepada para atlet agar tetap bugar saat berpuasa. Mereka juga menjadi rujukan atlet soal izin puasa atau tidak saat tampil bersama tim masing-masing.

"Para pemain muslim datang dari latar belakang yang berbeda. Kami harus meemukan solusi yang pas untuk mereka menjalankan kepercayaannya," kata Bhamji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.