Sukses

Kemenag DIY Minta Penceramah Ramadhan Tak Singgung Khilafiyah

Penceramah Ramadhan di DIY diminta tidak mempertajam persoalan khilafiyah yang bisa memunculkan permusuhan sesama umat Islam.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta meminta para penceramah Ramadhan tidak mempertajam persoalan khilafiyah (perbedaan) yang muncul agar tidak memicu permusuhan sesama umat Islam, khususnya di DIY selama Ramadhan.

"Mohon tidak menyinggung masalah khilafiyah, masalah perbedaan yang itu akan memancing emosi umat Islam yang mungkin berbeda," kata Kepala Kanwil Kemenag DIY Masmin Afif di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Masmin, para penceramah masih dapat memilih banyak topik lain yang dapat menumbuhkan semangat masyarakat untuk memaksimalkan amal ibadah selama Ramadhan.

"Ceramah monggo untuk bisa memberikan motivasi, semangat umat meningkatkan ibadah dan mengisi Ramadhan dengan amal-amal kebajikan," kata dia.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Berpolitik Praktis

Selain itu, ia juga mengingatkan para penceramah tidak memanfaatkan kesempatan berdakwah untuk menyisipkan kepentingan politik praktis.

Masmin berharap penceramah mampu memisahkan ruang ceramah keagamaan dengan ruang berpolitik.

"Ini kan nuansanya ibadah jadi jangan memanfaatkan kesempatan ibadah untuk kepentingan politik. Kami berharap bisa membedakan mana area untuk ceramah dan mana area untuk kepentingan politik. Harus kita bedakan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.