Sukses

Masih Lapar Selepas Tarawih, Bagaimana Aturan Makan yang Sehat?

Usai tarawih di bulan Ramadhan, biasanya rasa lapar masih muncul. Sehingga ada baiknya menyisihkan porsi makan tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Ahli gizi dr Feni Nugraha, MARS, MGz mengatakan, penting untuk mengatur porsi makan pada saat puasa Ramadhan agar kesehatan tetap terjaga.

Selama Ramadhan, Feni menyarankan agar pola makan dapat dibagi menjadi tiga bagian yakni pada sahur, berbuka dan usai melakukan tarawih.

"Pada saat puasa, sangat penting untuk mengatur porsi makan yang sesuai kebutuhan pada saat sahur maupun berbuka," kata Feni dalam konferensi pers daring baru-baru ini.

Usai tarawih, biasanya rasa lapar masih muncul. Sehingga ada baiknya menyisihkan porsi makan tersendiri.

Namun, sebaiknya tidak makan dalam porsi besar.

"Sesudah tarawih kan kita suka lapar lagi ya. Nah, jadi boleh sekitar 10 persen (dari kebutuhan kalori harian). Cukup makanan ringan saja, tidak boleh terlalu berlebihan," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Porsi Sahur dan Berbuka

Sementara, pada saat sahur dan berbuka, disarankan untuk makan dalam porsi masing-masing 40 dan 50 persen kebutuhan harian. Dianjurkan pula untuk menyantap makanan dengan nutrisi lengkap serta seimbang.

"Nutrisi dari sahur sendiri harus memenuhi kurang lebih 40 persen dari kebutuhan total kalori tubuh. Jadi pada saat sahur, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lengkap, mengandung gizi yang seimbang," kata Feni.

Saat berbuka, Feni mengatakan, seseorang bisa menikmati sekitar 50 persen dari kebutuhan kalori harian.

"Jangan lupa pada makan malam ketika berbuka memang harus lengkap seperti sahur. Jadi ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral," ujar Feni.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.