Sukses

Doa Sholat Tahajud dan Dzikir di Bulan Ramadhan, Ketahui Waktu yang Mustajab

Sholat tahajud termasuk ibadah sunnah.

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan berkah. Dalam firman-Nya, Allah menjanjikan umat muslim pahala yang berlimpah bagi siapapun yang mengerjakan amalan dan ibadah selama Ramadhan.

Salah satu ibadah yang dapat dikerjakan saat bulan Ramadhan adalah sholat tahajud. Seperti yang diketahui, sholat tahajud adalah salat yang dikerjakan pada malam hari setelah bangun tidur entah lama atau baru sebentar.

Sholat ini utamanya dilakukan pada sepertiga malam yang terahir. Ketika bulan Ramadhan, seorang muslim tetap dapat mengerjakan sholat tahajud setelah mengerjakan sholat tarawih. Untuk mendapatkan pahala yang melimpah, setelah sholat tahajud wajib berdoa dan berdzikir.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai doa sholat tahajud, doa dzikir, dan waktu mustajab melakukan sholat tahajud yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (3/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sholat Tahajud Saat Bulan Ramadhan

Sholat tahajud termasuk dalam sholat malam, sedangkan sholat malam tidak hanya sholat tahajud semata. Yang ada dalam kategori salat malam adalah tarawih (yang dikerjakan pada bulan Ramadhan), witir, hajat, atau sholat sunah mutlaq.

Sholat tahajud saat bulan Ramadhan tetap dapat dikerjakan. Yang perlu diperhatikan adalah pengerjaan sholat witir. Sabda Nabi Muhammad:

"Tidak ada dua witir dalam satu malam.” (H.R Abu Dawud 1439).

Artinya, seseorang dapat memilih, setelah tarawih melakukan witir, atau menunda witir hingga dini hari, ketika selesai menunaikan tahajud. Lebih utama jika witir itu dilakukan sesuai fungsinya untuk penutup sholat malam, yaitu ketika seseorang usai melakukan sholat tahajud.

Seorang muslim tidak boleh mengerjakan sholat witir setelah tarawih, kemudian witir lagi setelah tahajud, karena witir adalah sholat penutup. Terkait teknis pelaksanaan sholat witir ini, Rasulullah bersabda,

"Siapa yang khawatir tidak dapat bangun pada akhir malam, hendaklah dia salat witir pada permulaan malam, dan siapa yang ingin bangun pada akhir malam, hendaklah dia witir pada akhir malam, karena sesungguhnya salat akhir malam itu disaksikan (malaikat) dan lebih utama." (H.R. Muslim).

3 dari 5 halaman

Dzikir dalam Sholat Tahajud

Doa sholat tahajud dan dzikir akan kian lengkap untuk prosesi ibadah yang khusyuk. Sebelum memanjatkan doa, sebaiknya memuji dan mensyukuri nikmat Allah SWT melalui dzikir. Berikut dzikir yang dibaca setidaknya 100 kali:

1. Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah.

2. Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah.

3. Takbir: Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.

4. Istighfar pendek: Astaghfirullah, artinya, aku mohon ampun kepada Allah.

5. Istighfar panjang: Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih." Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Selain itu, bisa ditambahkan dengan sayyidul istighfar. Dzikir ini kerap dilantunkan oleh Rasulullah SAW, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

"Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta."

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu."

4 dari 5 halaman

Doa Sholat Tahajud dan Dzikir Sebagai Penutup

Seusai membaca dzikir, sebaiknya membaca doa sholat tahajud berikut:

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Selanjutnya, doa sholat tahajud bisa ditutup dengan melafalkan doa berikut:

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah : 201).

5 dari 5 halaman

Waktu Mustajab untuk Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam, minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Bisa ditunaikan sejak usai sholat Isya hingga terbit fajar. Waktu sholat tahajud terbagi menjadi tiga, sesuai keutamaannya, yakni:

1. Waktu utama adalah sepertiga malam pertama, kira-kira dari jam 7 malam atau sesudah sholat Isya sampai dengan jam 10 malam.

2. Waktu lebih utama adalah sepertiga malam kedua, kira-kira dari jam 10 malam sampai jam 1 pagi.

3. Waktu yang paling utama adalah sepertiga malam yang ketiga, kira-kira dari jam 1 pagi hingga masuk waktu sholat Shubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.