Sukses

Usai Lebaran, Timnas Basket Indonesia Kembali Latihan di GBK Arena

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Basket Indonesia yang disiapkan untuk Piala Asia Basket atau FIBA Asia Cup 2021 sudah kembali berlatih mulai 17 Mei 2021 setelah sempat diberi kesempatan libur Idul Fitri 1442 H. Pemusatan latihan dilakukan di Jakarta, tepatnya di GBK Arena Senayan.

Pemusatan latihan timnas Basket Indonesia ini diliburkan selama 10 hari saat perayaan Lebaran. Asisten Pelatih Timnas Indonesia Wahyu Widayat Jati mengatakan, pemain yang ikut latihan masih sama seperti sebelum Lebaran.

Ada lima pemain muda yang ikut bergabung yakni Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane.

"Materi latihan hingga akhir Mei ini adalah development skill dan pemahaman permainan sebagaimana yang diinginkan Coach Rajko (Toroman)," ungkap Coach Wahyu. "Sebelum latihan, pemain melakukan tes swab PCR dan hasilnya negatif," lanjutnya.

Selama Mei ini, lanjut Wahyu, latihan dilaksanakan sekali sehari di setiap sore. Latihan akan diawali dengan stretching. Kemudian dilanjutkan dengan development skill dan pemahaman strategi bermain ala Rajko.

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar

"Di dalam latihan juga mengasah fisik pemain selama 40 menit di awal. Kemudian 30 menit di akhir latihan diisi dengan materi shooting. Setiap latihan, per pemain wajib melakukan tembakan 100 kali," ujarnya.

Dijelaskan arsitek yang karib disapa Cacing ini, latihan shooting 100 kali untuk setiap pemain sebenarnya masih kurang. Dia berharap pemain menambah porsinya sendiri-sendiri. Ini demi mengejar akurasi lebih baik.

"Lebih baik lagi jika pemain menambah porsi latihan menembak sendiri karena 100 kali tembakan setiap latihan itu masih kurang. Semua ini dilakukan untuk mengejar kemampuan para senior mereka yang nanti akan gabung latihan mulai Juni," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Menunggu Pemain Senior

Lima pemain muda Timnas Indonesia ini memang disiapkan menjadi pelapis saat Piala Asia Cup 2021 nanti. Diharapkan mereka memiliki kemampuan yang setara dengan pemain inti. Dengan begitu, mereka bisa diandalkan ketika Indonesia berjuang di FIBA Asia Cup 2021 Agustus nanti juga FIBA World Cup 2023 mendatang.

Saat ini, para pemain senior masih memperkuat klub masing-masing di IBL Pertamax 2021 hingga akhir Mei. Medio Juni nanti gabungan kekuatan muda dan senior ini akan diuji lebih dulu pada Kualifikasi Jendela III FIBA Asia Cup 2021 pada 16-20 Juni di Filipina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.