Sukses

Probolinggo Catat Transaksi Belanja Tertinggi di Indonesia Selama Ramadan 2021

Liputan6.com, Jakarta Treasury & International Banking Bank Mandiri melaporkan kebijakan pelarangan mudik lebaran 1442 hijriah tidak bisa membendung mobilitas masyarakat meninggalkan ibukota. Tercermin dari peningkatan transaksi belanja sejumlah kota tujuan mudik mengalami peningkatan menjelang lebaran.

"Karena masyarakat tetap mudik, belanja di daerah tujuan mudik meningkat drastis dari sebelum bulan Ramadan," kata Ekonom Bank Mandiri, Yudo Wicaksono, dalam Media Gathering Virtual Economic Outlook & Industri Kuartal II 2021, Jakarta, seperti ditulis Kamis (20/5/2021).

Yudo menjelaskan, sebelum memasuki bulan puasa, indeks belanja di Jakarta berada di posisi 1,7 poin. Peningkatan indeks ini relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Namun selama bulan Ramadan, indeks belanja di Jakarta turun menjadi 0,7 poin.

"Sebelum Ramadan perbaikan indeks belanja di Jakarta 1,7 poin, berbeda dengan daerah lain. Namun saat bulan Ramadan turun menjadi 0,7 poin," kata dia.

Kondisi ini juga terjadi berbagai kota-kota besar lainnya. Sebaliknya, indeks belanja di beberapa kota tujuan mudik mengalami peningkatan.

Tiga daerah dengan indeks belanja tertinggi selama bulan Ramadan yakni Probolinggo menjadi 12,6 poin dari sebelumya hanya 1,0 poin, Cimahi menjadi 9,8 poin dari sebelumnya 1,0 poin dan Mojokerto menjadi 9,4 poin dari sebelumnya hanya 3,0 poin.

 

2 dari 3 halaman

Larangan Mudik Tak Berdampak

Untuk itu dia menyimpulkan, pelarangan mudik tidak membuat mobilitas masyarakat turun secara signifikan. Terbukti dari indeks belanja di kota-kota kecil tetap tumbuh selama ada kebijakan pelarangan mudik.

"Jadi dapat disimpulkan pelarangan mudik tidak mengurangi mobilitas belanja masyarakat di kota kecil yang menjadi tujuan mudik," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: