Sukses

Cerita Rohis BTN Kendari, Sebar Zakat Bagi Kaum Dhuafa di Sultra

Liputan6.com, Kendari - Memiliki kesibukan hampir sepanjang hari dan dituntut sempurna bekerja di dalam kantor, tidak membuat puluhan pegawai Bank Tabungan Negara (BTN) Kendari lupa dengan kegiatan sosial.

Sebelum Ramadan 1442 Hijriah berakhir, mereka menyebar bantuan ke ratusan warga kurang mampu dan panti asuhan di dua kabupaten di Sulawesi Tengara (Sultra).

Bantuan tersebut berasal dari zakat profesi 66 orang pegawai organik BTN Kendari, yang dikumpulkan selama setahun. Ada 360 paket sembako yang disebar pada sejumlah warga, di Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan.

Ketua Organisasi Kerohanian Islam (Rohis) BTN Kendari Suci Kris Lukmana mengatakan, zakat tersebut dikelola untuk disalurkan pada tahun 2021. Sebelumnya, setiap tahun bantuan serupa disalurkan kepada warga kurang mampu di Kota Kendari dan sekitarnya.

"Ini dikumpulkan secara sukareka dari karyawan dan karyawati bank, sebesar 2,5 persen dari penghasilan. Tahun ini, target kami adalah panti asuhan dan kaum dhuafa," ujarnya, Rabu (19/5/2021).

Kris mengatakan, setelah momen Ramadan 1442 Hijriah, karyawan akan rutin menyalurkan penghasilan setiap bulannya. Program tersebut juga mendapat dukungan positif, dari kepala kantor cabang BTN.

Dia mengungkapkan, masih banyak warga tak mampu yang memerlukan uluran tangan. Sehingga kerjasama semua pihak, akan sangat membantu kondisi mereka yang membutuhkan bantuan.

''Selain Kantor pusat BTN Kendari, ada cabang di Kolaka dan Baubau. Juga di dua kantor kas di Kendari, semua karyawan organik terlibat," katanya.

Menurutnya, meskipun karyawan yang tergabung dalam Rohis BTN Kendari ada sekitar 20 orang saja, namun ketika ada kegiatan amal, karyawan lain memberikan respon positif.

2 dari 4 halaman

Respon Positif Pimpinan

Pimpinan BTN Kendari, turut berperan dalam proses penyaluran zakat profesi. Selain menyediakan akomodasi dan transportasi, dia juga ikut aktif mengimbau kepada karyawan untuk turut serta.

Saat menyalurkan bantuan di Desa Lasoso Kecamatan Anggalomoare dan Desa Bumi Indah Kabupaten Konawe, pimpinan juga ikut serta berperan. Bahkan, Deputi Branch Manager BTN Kendari Andi Tomy juga ikut serta.

Dia mengatakan, bantuan karyawan bank ini jangan dinilai dari jumlah. Namun, dia memastikan, karyawan bank peduli terhadap kondisi kaum dhuafa dan berupaya berbuat yang terbaik. 

3 dari 4 halaman

Salurkan Bantuan

"Kami berharap, kedepan ini bisa lebih maksimal. Semoga kepedulian dan simpati karyawan bisa lebih maksimal," katanya.

Dua lokasi lain penyaluran bantuan, yaitu di Desa Pudaria Jaya dan Sumber Sari Kabupaten Konawe Selatan. Berbekal mobil pick up dan 10 orang karyawan, pembagian mulai dilakukan pagi hingga menjelang siang hari.

Diketahui, pihak Rohis yang dipimpin Suci Kris Lukmana juga berkoordinasi sesama karyawan, sebelum menyalurkan bantuan. Sehingga, paket sembako bisa tepat sasaran dan sampai kepada yang benar membutuhkan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :