Sukses

Manfaatkan Platform Digital, Ini Cara Merayakan Ramadhan di Selama Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Bagi warga muslim di berbagai penjuru dunia, Ramadhan seringkali menjadi momen untuk berbagi kebaikan dan membantu orang yang kesulitan atau membutuhkan.

Sayang, karena pandemi Covid-19 masih berlangsung saat ini membuat banyak masyarakat merayakan bulan yang suci ini dengan cara yang berbeda.

Walau harus mengadopsi new normal, masih banyak cara yang dapat digunakan untuk merayakan momen Ramadan pada tahun ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan platform digital.

Salah satu platform digital tersebut adalah Helo. Dibuat oleh ByteDance, platform ini dapat dipakai pengguna untuk berbuat kebaikan dan silaturahmi melalui konten kreatif.

Bagaimana caranya? Berikut adalah inspirasi konten yang bisa diunggah untuk merayakan momen Ramadhan di platform digital.

 

2 dari 4 halaman

Saling berbagi dan donasi

Bulan Ramadhan kerap jadi momen untuk saling berbagi dan membantu sesama. Di era digital saat ini ada banyak cara berbagi, termasuk dengan mengunggah konten positif.

Di Helo, pengguna berbagi kebaikan dengan memberikan bantuan donasi untuk yatim dan kaum dhuafa.

Helo pun berkolaborasi dengan yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program berbagi kebaikan yang mengajak pengguna Helo untuk mengunggah konten positif dan berpartisipasi memberi donasi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Program ini berhasil menggalang lebih dari 560 ribu engagement dan donasi berupa 11,3 ton beras untuk 2.275 keluarga prasejahtera di 10 lokasi di Jabodetabek.

 

3 dari 4 halaman

Buat ruang siber yang nyaman

Kemkominfo dalam peringatan Nuzulul Quran mengajak masyarakat untuk berbicara baik, termasuk di jagat maya. Hal ini pun sejalan dengan yang diterapkan Helo, yakni mengajak pengguna bijak mengunggah konten.

Konten tematik Ramadhan yang positif akan meraih kenyamanan diri dan batin di bulan suci ini. Bisa juga mengunggah konten inspiratif dan damai mulai dari video berbagi kebaikan ke sesama, inspirasi menu sahur dan berbuka, jadwal doa, dan hal bermanfaat lainnya.

Helo juga memiliki kampanye Ramadan Nyaman, platform digital ini menjadi tempat yang aman merayakan bulan suci di tengah situasi sekarang. Konten informatif seputar Ramadhan di Helo terangkum dalam #RamadanNyaman dan menciptakan lebih dari 620 ribu diskusi di aplikasi.

Berbagi momen kebahagiaan dengan orang tersayang

Helo mengangkat nilai berbagi momen dan kebahagiaan selama Ramadhan melalui tagar #BerbagiMomenRamadan. Pengguna bisa membagikan momen kebersamaan atau kuote untuk saling menguatkan antar pengguna.

Untuk menjadikan momen makin hangat dan menyenangkan, Helo merilis banyak pilihan music video, template, effect, sticker, dan musik spesial Ramadhan.

 

4 dari 4 halaman

Maaf-maafan virtual

Ramadhan identik dengan momen bermaaf-maafan dengan sesama, guna menjadi diri yang lebih baik. Meski pandemi memisahkan dari segi jarak, platform digital memungkinkan pengguna tetap bisa mengungkapkan permintaan maaf secara virtual.

Helo menghadirkan tagar #YukMintaMaaf yang memungkinkan pengguna saling berbagi cerita inspiratif tentang meminta maaf dan memaafkan seseorang maupun diri sendiri.

Sejauh ini ada lebih dari 62 ribu diskusi dari tagar #YukMintaMaaf.

Country Head of Operations Helo Indonesia Indira Melik mengatakan, Helo hadir sebagai platform yang menjadi wadah bagi masyarakat merayakan momen Ramadhan.

"Kami menghubungkan beragam masyarakat dari berbagai latar belakang untuk saling memberdayakan kebaikan selama bulan yang baik ini," katanya.

Ia percaya, dengan konten yang inspiratif yang diunggah pengguna, masyarakat yang merayakan Ramadhan di Helo akan mendapat pengaruh positif.

(Ysl/Tin)