Sukses

Bosan dengan Menu Lebaran Berbahan Daging, Yuk Cobain Rujak Mi Palembang

Rujak Mi merupakan salah satu makanan khas warga Kota Palembang Sumsel, dengan rasa yang enak dan mengenyangkan.

Liputan6.com, Palembang - Di perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah yang tinggal menunggu hari, biasanya warga Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) selalu menyediakan beragam jenis makanan lezat. Mulai dari daging malbi, pindang tulang hingga bakso berbahan daging sapi, membuat kolesterol bisa mendadak naik.

Namun jika sudah bosan dengan beragam makanan berbahan daging, ada salah satu jenis makanan yang mengenyangkan namun tidak membuat kolesterol naik.

Jenis makanan yang bisa disantap di pagi hari yaitu Rujak Mi Palembang. Namun rujak kali ini tidak menggunakan bumbu gilingan kacang tanah. Melainkan menggunakan pempek Palembang.

Rujak mi Palembang sendiri terdiri dari mi kuning, potongan pempek Palembang, tahu goreng yang dipotong kotak, sayur tauge rebus hingga irisan timun.

Menu ini juga kerap disajikan warga Palembang di berbagai acara. Mulai dari acara khitanan, pesta ulang tahun hingga lebaran Idul Fitri dan Idul Adha.

Menyantap rujak mi Palembang, wajib menggunakan kuah cuko Palembang dengan rasa pedas manis. Rasa rujak mi sendiri sangat nikmat dan mengenyangkan.

Suryana (66), warga Kecamatan Ilir Timur II Palembang mengatakan, dia rencananya mau membuat rujak mi, untuk disajikan ke para tamu yang bersilaturahmi saat perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah mendatang..

“Rujak mi itu mengenyangkan, murah dan bisa dikonsumsi banyak orang. Apalagi dicampur dengan potongan pempek dan cuko, tidak akan beda jauh seperti memakan pempek Palembang,” ucapnya, Senin (10/5/2021).

Untuk menyajikan rujak mi, hanya butuh beberapa bahan-bahannya saja. Seperti mi kuning dan timun yang sudah dicuci bersih dan sayur tauge yang sudah direbus sebentar. Lalu ada tahu goreng yang dipotong dadu dan pempek Palembang yang juga dipotong-potong kecil.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Terjangkau

“Kalau pempek Palembang, hanya dibutuhkan sedikit saja untuk melengkapi bahan rujak mi Palembang. Harus dipotong dulu, lalu digoreng dan siap dicampur dalam bahan rujak mi Palembang,” katanya.

Selain harganya murah dan pembuatannya mudah, Suryana juga memilih menu rujak mi karena makanan khas Palembang ini cukup mengenyangkan.

“Satu atau dua porsi rujak mi Palembang sudah mengenyangkan. Karena pempek Palembang dan mi kuningnya kan berasal dari bahan tepung,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.