Sukses

Cegah Erosi Gigi, Setelah Sahur Sebaiknya Menyikat Gigi

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang mungkin langsung menyikat gigi setelah bangun tidur di pagi hari. Namun yang lain, menyikat gigi setelah sahur/sarapan atau sebelum beraktivitas karena tidak mau ada sisa makanan yang tersangkut di gigi atau beraktivitas setelahnya dengan bau mulut. Lalu, mana yang terbaik untuk Anda?

Dilansir dari Livestrong, ternyata ada banyak dokter gigi yang setuju pada menyikat gigi setelah sarapan. Salah satunya yaitu kepala dokter gigi di ProHealth Dental di New York dan New Jersey, Bruce Valauri, DDS, yang pro terhadap hal itu.

Selain Bruce, ketua biologi oral di University at Buffalo School of Dental Medicine, Frank A. Scannapieco, DMD, PhD, juga merekomendasikan untuk menyikat gigi sampai setelah sahur atau sarapan. "Menyikat (gigi) setelah sarapan membantu karena dapat membersihkan mulut dan menyegarkan napas Anda, jadi masuk akal," kata Frank.

Demikian pula yang dokter gigi dari Green Dentistry di San Francisco, Nammy Patel, DDS, rekomendasikan. "Menurut saya waktu yang lebih disukai untuk menyikat gigi di pagi hari adalah setelah sarapan, selain menyikat gigi di malam hari sebelum tidur," katanya, dikutip dari Livestrong.

Itu karena meninggalkan partikel makanan dari pagi, terutama jika saat sarapan mengonsumsi gula dan karbohidrat yang merupakan makanan utama bakteri, dapat mendorong pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu ia menyarankan untuk berkumur-kumur setelah makan dan menyikat gigi.

 

2 dari 4 halaman

Seberapa penting menyikat gigi setelah sarapan?

Pertama, menurut Dr. Frank, minuman seperti jus atau buah masam tentu memberi efek asam pada gigi yang seiring waktu dapat merusak gigi. Namun ada kepercayaan bahwa menyikat gigi setelahnya justru memperburuk masalah. Namun menurut Dr. Frank, air liur Anda menetralkan asam dan juga dapat meremineralisasi gigi Anda.

"Tubuh Anda memiliki mekanisme pertahanan alami," katanya. Masalah erosi muncul ketika paparan asam kronis, misalnya jika Anda adalah seseorang yang mengisap jeruk nipis atau lemon sepanjang hari. Kecuali jika Anda memiliki mulut kering (efek samping dari obat-obatan tertentu), maka Anda tidak memiliki mekanisme perlindungan alami ini.

“Orang dengan mulut kering harus lebih memperhatikan kebersihan mulut mereka dan menghindari gigi mereka terkena asam,” kata Dr. Frank. Sedangkan menurut Dr. Patel, orang yang memiliki mulut kering sebaiknya menyikat gigi setelah bangun tidur untuk melembabkan mulut dan memulai proses air liur, dan kemudian setelah sarapan pagi untuk membersihkan mulut. Maka sebaiknya Anda tetap rutin mengunjungii dokter gigi untuk menemukan apa yang paling tepat untuk Anda.

Lalu, kapan sebaiknya menyikat gigi jika ternyata Anda tidak sarapan?

Karena bisa saja Anda melewatkan sarapan karena tidak lapar, tidak suka makan lebih awal atau berpuasa. Maka Dr. Patel menyarankan Anda untuk menyikat gigi ketika bangun tidur karena Anda tentunya tidak ingin beraktivitas dengan napas yang tidak sedap. Lalu setelah Anda makan pertama hari itu, kapanpun itu, ia menyarankan penggunaan benang gii untuk menargetkan bakteri di bawah gusi. Tapi jika And atipe yang suka menyikat gigi, silahkan saja menyikat gigi setelah makan.

Terlepas dari rekomendasi ketiga dokter gigi, secara keseluruhan jika menyangkut kesehatan gigi, maka waktu yang terbaik adalah "Membiasakan menyikat sebelum atau sesudah [sarapan] lebih baik daripada tidak menyikat sama sekali," kata Dr. Frank.

3 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: