Sukses

Galakan Lebaran Digital, Menkominfo Pastikan Kualitas Jaringan Telekomunikasi

Menkominfo, Johnny G. Plate, meminta agar masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi yang tersedia saat ini untuk Lebaran atau silaturahmi secara virtual dengan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan diberlakukannya kebijakan pemerintah meniadakan mudik Lebaran tahun ini karena pandemi Covid-19, Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) meminta masyarakat agar melakukan Lebaran digital.

Menkominfo, Johnny G. Plate, meminta agar masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi yang tersedia saat ini untuk Lebaran atau silaturahmi virtual dengan keluarga di kampung halaman.

Guna mewujudkan hal, Johnny menyatakan Kemkominfo akan memastikan masyarakat yang tidak mudik ke kampung halaman dapat berkomunikasi melalui jaringan telekomunikasi berkualitas.

"Hal ini penting, demi kelancaran proses Lebaran digital yang menjadi pilihan perayaan hari raya tahun ini," tuturnya saat Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Didukung Operator Seluler

Program ini juga mendapatkan dukungan dari sejumlah operator layanan telekomunikasi seluler.

Disebutkan, masing-masing operator seluler akan menyediakan trafik besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melakukan Lebaran digital.

"Lebaran sebaiknya dengan memanfaatkan teknologi, kami menyiapkan bandwith yang cukup besar untuk menjaga agar komunikasi tetap dilakukan secara berkualitas," ujarnya melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

Dapat Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Namun tidak hanya mendukung telekomunikasi selama Lebaran, sarana dan infrastruktur yang disiapkan itu juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berbelanja online.

“Kampanye Bangga Buatan Indonesia lewat belanja online itu disiapkan, masyarakat perlu memanfaatkan dan menggunakan ini dengan baik, tidak harus pergi sendiri ke pasar, ke toko. Kalau memang harus ke pasar, ke toko perhatikan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya mengakhiri.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.