Sukses

Jaga Kesucian Ramadhan, 1.651 Botol Miras dan Ratusan Petasan Dimusnahkan

Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, memusnahkan barang bukti berupa 1.651 botol minuman beralkohol dan ratusan petasan.

Liputan6.com, Temanggung - Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, memusnahkan barang bukti berupa 1.651 botol minuman beralkohol dan ratusan petasan hasil operasi rutin pada bulan puasa tahun ini.

Pemusnahan minuman keras dan petasan berlangsung di halaman rumah dinas Bupati Temanggung Pendopo Pengayoman, Rabu, dihadiri Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo dan jajaran Forkompimda Kabupaten Temanggung .

Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi mednyebutkan barang bukti itu berupa 675 petasan dan 1.651 botol minuman beralkohol, terdiri atas 1.078 botol minuman keras berbagai jenis merek dan 575 botol minuman tradisional jenis ciu.

"Kami juga memusnahkan 1 jeriken ciu berisi 35 liter," katanya.

Kapolres menegaskan bahwa operasi minuman beralkohol dan petasan untuk memberikan rasa aman, nyaman warga dalam beraktivitas, terutama beribadah pada bulan Ramadan.

Minuman beralkohol, lanjut dia, selama ini menjadi pemicu aksi kriminalitas. Dengan adanya operasi, penyitaan, dan pemusnahan barang bukti itu diharapkan tidak ada krimimalitas selama Ramadan hingga Lebaran 2021.

"Kami harapkan Temanggung tetap kondusif. Jika ada warga mengetahui ada peredaran minuman beralkohol, segera melapor ke polisi, kemudian kami menindaklanjuti dengan melakukan operasi terhadap minuman keras tersebut," katanya.

Dijelaskan pula bahwa petasan disita dari sejumlah pembuat dan pedagang. Mereka telah mendapat edukasi bahwa petasan termasuk yang dilarang karena dapat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Petasan juga menganggu ibadah warga, termasuk menganggu kenyamanan warga selama bulan puasa dan Lebaran. Kami akan terus menggelar operasi untuk menciptakan iklim kondusif di Temangggung sehingga warga nyaman, aman, dan tenteram dalam beraktivitas serta beribadah," katanya.

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo menyampaikan apresiasi pada kepolisian yang telah menggelar operasi secara intensif pada bulan puasa ini, bahkan terus berlangsung hingga Lebaran mendatang.

"Semoga Temanggung tetap kondusif. Pemkab sangat berterima kasih dan mendukung kinerja Polri," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tertib hukum sehingga iklim kondusif tetap terjaga, selanjutnya warga beraktivitas dengan nyaman.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.