Sukses

Menkominfo Dorong Masyarakat Belanja Online Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak masyarakat untuk berbelanja online produk-produk UMKM Indonesia untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri.

Hal ini diungkapkan Johnny saat mencanangkan Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang jatuh pada 5 Mei 2021, bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Indonesian E-commerce Association (idEA).

Hari BBI 2021 didukung oleh 72 platform e-commerce yang memberikan berbagai promosi di platformnya pada 5-13 Mei 2021.

Melalui Hari BB1 2021, pemerintah mendorong platform e-commerce untuk menyediakan program gratis ongkos kirim dan program-program promosi belanja lainnya.

Promo berupa gratis ongkos kirim tersebut diharapkan bisa mendorong masyarakat berbelanja online produk-produk Indonesia.

"Dengan belanja daring, diharapkan mobilitas masyarakat makin berkurang," tutur Johnny G. Plate, dalam keterangan bersama yang dikutip Tekno Liputan6.com, Kamis (6/5/2021).

2 dari 3 halaman

Dukungan untuk Transformasi Digital

Dikatakan Johnny, Hari BBI 2021 dimaknai sebagai bentuk dukungan untuk kesuksesan akselerasi transformasi digital nasional.

Ia mengatakan, penggunaan platform e-commerce untuk memfasilitasi para pelaku usaha dalam negeri akan makin mendorong kemandirian dan kedaulatan digital dalam transformasi digital Indonesia.

Terkait kegiatan belanja online dan kaitannya dengan transformasi digital, Kemkominfo sebelumnya telah membangun berbagai infrastruktur digital, melatih talenta dengan literasi digital, hingga penguatan pelindungan data pribadi para konsumen yang dilakukan melaluikolaborasi dengan banyak pihak.

3 dari 3 halaman

Tandatangani Kesepakatan Bersama

Sebelumnya, Mendag Muhammad Luthfi, Menkominfo Johnny G. Plate, dan Ketua idEA Bima Laga menandatangani kesepakatan bersama terkait penyelenggaraan Hari BBI 2021.

Sejumlah poin penting yang ditekankan dalam kesepakatan bersama tersebut mulai dari dukungan platform digital dalam kampanye Hari BBI 2021, pemberian fasilitas gratis ongkir hingga jumlah tertentu oleh platform e-commerce, hingga penyampaian laporan penyelenggaraan Hari BBI 2021 dari e-commerce ke pemerintah.

(Tin/Ysl)