Sukses

Ibadah Itikaf Selama Ramadhan Lebih Afdal dengan 3 Aplikasi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, mayoritas umat muslim sedang bersiap untuk melakukan ibadah itikaf sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW saat berpuasa.

Sebagai salah satu amalan sunah di bulan suci Ramadan, itikaf memiliki banyak sekali keutamaan. Apalagi dengan khusyuk untuk beribadah dan berdoa kepada Allah SWT tanpa gangguan apapun, tentunya bisa membuat umat islam semakin dekat dengan Allah SWT.

Namun, Ramadhan kali ini bebeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena harus dijalani dalam kondisi pandemi.

Karena hal tersebut, kebanyakan masjid yang menerima kegiatan itikaf mengharuskan beberapa protokol kesehatan (prokes) yang harus diikuti pesertanya.

Nah, kamu bisa manfaatkan tiga aplikasi untuk membantu ibadah itikaf yang telah dirangkum oleh tim Tekno Liputan6.com berikut ini.

 

2 dari 4 halaman

Panduan Itikaf

Selanjutnya adalah aplikasi yang berisi tentang berbagai panduan untuk menjalani itikaf. Bermula dari pengertian itikaf menurut Al-Qur’an dan Hadis, hingga amalan lainnya seperti salat sunnah.

Selanjutnya, ada penjabaran mengenai tempat pelaksanaan itikaf, adab itikaf, hingga dalil dan niat melakukan itikaf.

Kemudian, pengguna juga bisa mendapatkan pengertian dasar pada Al-Qur’an dan Hadis bagi beberapa kegiatan lainnya yang menunjang ibadah itikaf. Aplikasi ini cukup ringan dengan kebutuhan memori unduhan sekitar 3.4Mb saja.

 

3 dari 4 halaman

Panduan Itikaf dan Amalannya

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan panduan sebelumnya. Disini kamu akan menemukan berbagai kegiatan yang berguna untuk dilakukan selama itikaf.

Mulai dari amalan sunnah Rasul, doa-doa dalam Islam, panduan salat taubat, hingga waktu yang dilarang untuk melaksanakan salat. Dengan begitu, kamu akan lebih dapat mendalami agama sejak kamu melaksanakan itikaf.

Dzikir juga tersedia dalam aplikasi ini, bisa jadi bahan kamu menghafalnya atau bisa sambil membaca dengan membuka aplikasi. Ukuran aplikasi ini juga cukup ringan dengan 5,2Mb saja.

 

4 dari 4 halaman

Ramadan Challenge

Aplikasi ini tampil dengan warna dominan biru muda dengan logo bulan sabit dan dua bintang. Fitur yang ada di Ramadan Challenge berupa berbagai ibadah harian, yang bisa meningkatkan kualitas kamu melakukan itikaf.

Diantaranya, salat, tadarus Al-Qur’an, dzikir, hingga puasa. Dari semua kategori tersebut, kamu akan mendapatkan nilai di masing-masing kategorinya.

Seperti contohnya pada bagian dzikir, fitur ini dilengkapi oleh tasbih digital yang bisa menghitung banyaknya dzikir yang dilantunkan. Kemudian, hasil itu akan dikonversi menjadi poin.

Poin yang dikumpulkan semakin banyak akan membuat penggunanya masuk dalam daftar leaderboard mengacu pada perolehan tersebut. Daftar ini seuai dengan kategori yang dipilih oleh penggunanya. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 5 ribu kali di Google PlayStore.

(Ysl/Tin)