Sukses

Quraish Shihab: Jangan Berucap Ketika Marah karena Bisa Menambah Kemarahan

Liputan6.com, Jakarta Mengambil perkataan seorang bijak, cendekiawan muslim Quraish Shihab mengatakan, jangan ikut campur yang bukan urusan Anda, karena itu akan menyelamatkan diri dari apa yang tidak ingin didengar. 

Quraish Shihab berkata, "Jangan berucap ketika sedang marah, karena itu akan menjadikan Anda mendengar apa yang bisa menambah kemarahan." 

Dalam tausiahnya kali ini, mantan menteri agama ini juga menjelaskan, untuk tidak mengadu kepada siapa yang tidak menginginkan kebaikan kita, karena itu hanya akan menambah penderitaan. 

"Jangan pula menasihati siapa yang menganggap enteng, karena bisa berpotensi kita mendengar yang merendahkan Anda," jelas Quraish Shihab.

Pendiri Pusat Studi Al-Qur'an ini juga menambahkan, untuk jangan menyampaikan kepada dua orang yang berseteru apa yang mengundang amarah mereka. Karena itu bisa membuat diri terlibat dalam perseteruan mereka.

"Dan jangan mengingatkan pasangan kita dengan aneka kebaikan yang Anda berikan, karena itu mengundangnya mengingkari semua kebaikan Anda," tutup Quraish Shihab.  

Tonton video Quraish Shihab dalam Mutiara Hati SCTV berikut ini: