Sukses

Jadwal Imsak Hari Ini Selasa 4 Mei 2021 di Kota-Kota Besar Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini Selasa 4 Mei 2021 berbeda dari satu kota ke kota lain di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh perbedaan zona waktu di Indonesia. Jadwal imsak hari ini Selasa 4 Mei 2021 digunakan umat muslim yang menjalankan puasa sebagai patokan batas makan sahur umat Muslim di Indonesia.

Umumnya waktu Imsak ditentukan dari 10 menit sebelum waktu Subuh tiba. Santap sahur adalah kegiatan yang dianjurkan untuk membantu memberikan energi pada tubuh agar siap menjalankan ibadah puasa.

Santap sahur adalah sunah yang dianjurkan Rasul selama berpuasa Ramadan. Berikut adalah jadwal imsak hari ini Selasa 4 Mei 2021 dikutip Liputan6.com dari laman Kementrian Agama Republik Indonesia, Selasa (4/5/2021).

2 dari 4 halaman

Niat Puasa Ramadan

Niat menjalankan ibadah puasa bisa dilakukan saat malam hari sebelum melakukan makan sahur atau setelah makan sahur. Namun bagi sebagain orang, ada juga yang melakukan niat ibadah puasa Ramadan ini setelah shalat tarawih. Berikut ini niat puasa yang sering digunakan oleh sebagian orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى‎

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.”

Niat puasa Ramadan ini sudah dijelaskan dibeberapa hadits yang juga merupakan perintah dari Nabi Muhammad SAW. Niat puasa ini dijelaskan dalam sebuah hadits berikut.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ‎

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

Atas dasar tersebut, karena puasa termasuk ibadah, maka niat untuk mengerjakannya termasuk ke dalam rukun puasa. Niat puasa Ramadan harus yang tulus dengan tujuan untuk mendapatkan ridho dan berkah dari Allah SWT.

Niat dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan. Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tarawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Niat dan doa di bulan Ramadan merupakan tahapan penting dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan.

3 dari 4 halaman

Jadwal Imsak Hari ini Selasa 4 Mei 2021

Berikut ini jadwal imsak hari ini Minggu 25 April 2021, 21 Ramadan 1442 H di kota-kota besar Indonesia:

Banda Aceh 04:57 WIB

Medan 04:47 WIB

Padang 04:46 WIB

Pekanbaru 04:40 WIB

Tanjung Pinang 04:27 WIB

Palembang 04:30 WIB

Bandung 04:23 WIB

Jakarta 04:26 WIB

Yogyakarta 04:13 WIB

Semarang 04:12 WIB

Surabaya 04:03 WIB

Pontianak 04:09 WIB

Banjarmasin 04:52 WITA

Denpasar 04:55 WITA

Makassar 04:34 WITA

Palu 04:28 WITA

Mataram 04:51 WITA

Kupang 04:23 WITA

Ambon 04:58 WIT

Sorong 04:42 WIT

Jayapura 04:06 WIT

4 dari 4 halaman

Kewajiban puasa Ramadan

Puasa Ramadan hukumnya merupakan fardhu (wajib) untuk Muslim dewasa. Puasa Ramadan dapat tidak dilakukan jika seseorang mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui atau menstruasi.

Jika sesorang tak dapat berpuasa saat Ramadan, maka diharuskan untuk mengganti puasa tersebut pada hari-hari yang lain.

Kewajiban berpuasa sudah tertuang jelas pada firman Allah dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183 yaitu:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam juga menegaskan tentang kewajiban berpuasa dalam sabdanya:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ، وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa sholat di malam lailatul qodr karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu).