Sukses

Jadwal Imsak Hari Ini Minggu 2 Mei 2021 di Kota Besar, Ketahui Bahayanya Sahur dengan Mi Instan

Berikut jadwal imsak hari ini Minggu 2 Mei 2021 di berbagai kota besar di Indonesia yang dapat menjadi patokan Anda ketika sahur.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa Ramadan telah menginjak hari ke 20, jangan sampai melewatkan sahur agar puasa kita selama lebih dari 12 jam dapat berjalan lancar meski banyak aktivitas diluar ruangan. Mengetahui jadwal imsak hari ini Minggu 2 Mei 2021 sangat penting.

Pasalnya jadwal imsak hari ini Minggu 2 Mei 2021 berbeda di kota-kota besar Indonesia. Perbedaan pada jadwal imsak di kota besar mengharuskan Anda untuk teliti dalam mencermati waktu imsak. Jangan sampai puasa Anda menjadi batal atau tidak sah hanya karena imsak di waktu yang tidak seharusnya.

Selain waktu imsak, umat Islam juga mesti memperhatikan waktu Subuh, penanda sesungguhnya umat muslim tidak boleh melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Maka dari itu, Anda harus cermat lagi untuk melihat jadwal puasa khususnya Imsakiyah Ramadan di kota Anda.

Berikut jadwal imsak hari ini Minggu 2 Mei 2021 dan ketahui pula bahaya sahur dengan mi instan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (1/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Imsak Hari ini Minggu 2 Mei 2021 di Kota Besar Indonesia

Berikut ini jadwal imsak hari ini Minggu 2 Mei 2021 di beberapa kota besar Indonesia, yaitu.

Jakarta : 04.25 WIB

Bandung : 04.23 WIB

Surabaya : 04.03 WIB

Yogyakarta : 04.13 WIB

Banda Aceh : 04.58 WIB

Medan : 04.47 WIB

Padang : 04.46 WIB

Palembang : 04.31 WIB

Semarang : 04.12 WIB

Malang : 04.04 WIB

Pontianak : 04.09 WIB

Banjarmasin : 04.52 WITA

Denpasar : 04.55 WITA

Makassar : 04.34 WITA

Palu : 04.28 WITA

Kupang : 04.22 WIT

Ambon : 04.57 WIT

Jayapura : 04.10 WIT

3 dari 4 halaman

Bahaya Makan Mi Instan saat Sahur

Konsumsi mi instan saat sahur sebenarnya tidak disarankan untuk kesehatan. Berikut beberapa bahaya untuk Anda yang berpuasa, diantaranya :

1. Mi Instan Mengandung Karbohidrat Sederhana

Sebenarnya ada dua macam karbohidrat, yakni sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana sering kali disebut sebagai karbohidrat yang buruk. Julukan tersebut diberikan karena mereka pada dasarnya adalah gula, asupan yang harus kita kontrol konsumsinya agar tidak berlebihan. Tak hanya itu, berbagai lembaga kesehatan pun tidak merekomendasikan kita untuk selalu mengonsumsinya. 

2. Membuat Kenyang Sementara

Karbohidrat sederhana yang terkandung dalam mi instan sebenarnya berperan sebagai sumber energi. Dalam proses pencernaan, zat ini akan dileburkan menjadi gula, yang terdiri dari glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Ketiganya akan disimpan di hati untuk menjadi sumber energi. Sayangnya, proses peleburan karbohidrat sederhana cukup singkat karena ia benar-benar hanya gula. Tidak ada kandungan serat atau zat lain yang menyertainya. Itulah kenapa ketika kita mengonsumsi jenis karbohidrat ini, tubuh akan mudah lapar. 

3. Kalori Mi Instan Lebih Tinggi daripada Nasi

Tidak hanya memberikan sensasi kenyang sementara, mi instan juga tinggi akan kalori. Bahkan jumlahnya melampaui kalori yang dikandung oleh nasi. Dalam satu porsi mi instan dengan berat 70 gram mengandung sekitar 380 kalori. Sementara nasi dengan berat yang sama hanya mengandung sekitar 92 kalori. Dengan kata lain, kalori yang dikandung mi instan bisa mencapai empat kali lipat dari nasi. Semakin tinggi kalori, semakin cepat makanan tersebut membuat kita gemuk. Jika Anda mengonsumsinya setiap sahur, berat badan akan lebih sulit dikontrol.

4. Mi Instan bisa Membuat Kita Lebih Haus dari Biasanya

Ternyata dampak buruk makan mi instan saat sahur tidak cukup hanya itu saja. Makanan ini juga bisa membuat kita lebih haus daripada biasanya. Ini karena mi instan mengandung sodium atau garam yang tinggi. Terlebih lagi, ada kandungan MSG juga di dalamnya. Garam yang masuk ke dalam pencernaan kita akan diserap oleh pembuluh darah. Ketika jumlahnya berlebihan, tubuh akan merasakan adanya ketidakseimbangan. Garam yang ada di darah kita akan menarik cairan yang tersimpan di dalam sel di sekitarnya. Di saat itulah, otak menerima sinyal yang mengisyaratkan bahwa sel sedang dehidrasi. Tubuh pun meresponsnya dengan merasa haus.

4 dari 4 halaman

Tips Aman Makan Mi Instan saat Sahur

Sekarang Anda sudah tahu bahwa konsumsi mi instan di saat sahur sebenarnya tidak disarankan. Namun dalam kondisi mendesak, Anda sebetulnya diperbolehkan mengonsumsi mi instan saat sahur. Akan tetapi Anda harus mengiringinya dengan asupan lain yang lebih bernutrisi. Misalnya dengan menambahkan sayur-sayuran, ayam, daging, telur, dan lain sebagainya. 

Setelah makan mi instan, pastikan Anda minum banyak air agar nantinya tidak mudah merasa haus. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap makan buah-buahan. Selain mengandung serat yang bisa menjaga rasa kenyang, buah juga kaya akan air dan mineral yang dibutuhkan tubuh. 

Intinya, tubuh kita membutuhkan banyak nutrisi ketika sahur agar siap untuk berpuasa. Bukan hanya karbohidrat, Anda juga harus mencukupi kebutuhan protein, lemak, serat, vitamin, serta mineral juga. Maka dari itu, sebisa mungkin pilih alternatiif lain yang lebih sehat daripada mi instan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini