Sukses

Fitur Wakaf Tokopedia Mungkinkan Pengguna Berdonasi Mulai Rp 10 Ribu

Ftur Tokopedia ini dapat mempermudah masyarakat berbagi kebaikan, khususnya selama Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Berkolaborasi dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat, Tokopedia meluncurkan fitur Wakaf Uang.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, menuturkan dengan fitur ini siapa pun bisa membantu meningkatkan kesejahteraan sesama cukup dengan uang mulai dari Rp 10.000.

"Kami berharap fitur ini dapat mempermudah masyarakat berbagi kebaikan, khususnya selama Ramadhan, sekaligus ikut mendorong pemerataan ekonomi syariah secara digital di Indonesia," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (29/4/2021).

Kehadiran fitur ini juga merupakan salah bentuk dukungan Tokopedia terhadap Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) yang digagas pemerintah.

"Selain menjadi salah satu bentuk ibadah, wakaf uang memiliki fungsi dan peran sosial-ekonomi, terutama dalam membangun kemandirian ekonomi negara," ujar Ketua Badan Pelaksana BWI, Mohammad Nuh.

Untuk itu, dia mengatakan kolaborasi dengan platform digital seperti Tokopedia memudahkan masyarakat melakukan wakaf dan sejalan dengan arah transformasi digital yang sedang digalakkan BWI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan Fitur Donasi di Tokopedia

Selain Wakaf Uang, Tokopedia juga menghadirkan sederet fitur lain di Tokopedia Salam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan. Mulai dari fitur Donasi, Zakat, Fidyah, Kotak Amal, dan Qurban.

Sebagai informasi, nilai transaksi Zakat Maal di Tokopedia sendiri meningkat dua kali lipat pada Ramadhan 2020 dibandingkan Ramadhan 2019.

Selain itu, pengguna Tokopedia telah mengumpulkan hampir Rp 80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat, dan Qurban sepanjang 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini