Sukses

Minum Susu Saat Ramadan di Masa Pandemi COVID-19, Apa Manfaatnya?

Puasa Ramadan Di tengah pandemi COVID-19, asupan makanan dan minuman yang bergizi tinggi sangat diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Salah satunya melalui konsumsi susu segar.

Liputan6.com, Jakarta - Asupan makanan dan minuman penting diperhatikan saat puasa Ramadan, terutama di masa pandemi COVID-19. Makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa tak hanya bermanfaat untuk memberi energi tubuh, melainkan juga bagi imunitas atau daya tahan tubuh.

Di tengah pandemi COVID-19, asupan makanan dan minuman yang bergizi tinggi sangat diperlukan untuk memerkuat daya tahan tubuh. Salah satunya melalui konsumsi susu segar.

President of Indonesian Nutrition Association (INA) sekaligus Dokter Spesialis Gizi Klinis, Dr dr Luciana B Sutanto MS SpGK mengatakan bahwa pada dasarnya, selama bulan puasa tetap harus mengonsumsi makan sehat dan kebutuhan zat gizi harus tetap terpenuhi, termasuk susu.

Luciana menjelaskan, selain mengandung protein hewani, susu juga mengandung zat gizi lain seperti karbohidrat, lemak, laktosa, vitamin dan mineral. Guna memperoleh manfaat dari susu, orang yang sedang berpuasa bisa minum susu sebanyak dua gelas sehari, di waktu sahur dan berbuka, untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan berbagai gizi.

“Saat puasa, susu dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pilihan sehat takjil, dapat diminum sendiri atau dicampur makanan. Bukan hanya di saat berbuka puasa, saat sahur juga kita bisa minum susu” kata Dokter Luciana dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.