Sukses

Amal dan Zakat, Perilaku Baik yang Dapat Dilakukan saat Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap agama tentu mendorong perilaku baik yang bermanfaat untuk masyarakat. Salah satu contoh hal tersebut adalah dengan beramal.

Dikutip dari Khaleej Times, Minggu (25/4/2021), agama Islam membuat amal atau Zakat, sesuatu yang wajib untuk dilakukan.

Memberi sesuatu yang kita miliki dalam jumlah lebih akan membantu masyarakat sekitar berkembang.

Tidak perlu memberi kepada yang terjauh. Berilah kepada orangtua, kerabat, tetangga, serta orang miskin.

Kebaikan adalah inti dari amal. Jangan memberi untuk mengharapkan pahala. Tujuan utama dari amal adalah kesenangan Tuhan dan kebaikan dari diri kita sendiri.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Riwayat Nabi Muhammad SAW

Dalam islam, ada dua bentuk amal. Wajib dan sukarela. Masing-masing disebut Zakat dan Shadaqah.

Al-Qur'an menyatakan: 'Dan tabahlah dalam sholatmu dan beramal; Apapun kebaikan yang Anda kirimkan untuk masa depan Anda, Anda akan menemukannya di sisi Allah, karena Allah sangat mengetahui apa yang Anda lakukan'.

Nabi Muhammad (saw) pernah mengatakan bahwa amal terbaik adalah untuk memuaskan orang yang lapar. Ia juga pernah mengatakan, "Tidak ada kekayaan seorang hamba Allah yang berkurang karena sedekah."

Dalam Al-Qur'an, kita ditekankan untuk beriman dengan cara merawat mereka yang membutuhkan seperti yatim piatu, orang miskin, dan anggota masyarakat lainnya yang sekiranya butuh pertolongan lebih.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021