Sukses

Quraish Shihab Ungkap Hal yang Bisa Membuat Seseorang Percaya Adanya Kebangkitan

Quraish Shihab mengatakan bahwa agama Islam dan agama lain menekankan hari kebangkitan.

Liputan6.com, Jakarta Kematian menurut Quraish Shihab bukanlah akhir dari perjalanan manusia. Tetapi kematian hanya perpindahan dari suatu alam ke alam yang lain.

Lebih lanjut cendikiawan muslim ini menyebut, bahwa agama Islam dan agama lain bahkan menekankan hari kebangkitan.

"Rasulullah SWA sering kali menggambarkan seluruh kepercayaan yang diajarkan oleh agama Islam dengan dua kata. Percaya kepada Allah dan hari kemudian," kata Quraish Shihab.

Menurut Quraish Shihab, bukan hal mudah untuk membuktikan secara akal adanya hari kebangkitan, bahkan terbilang mustahil. 

"Karena tidak ada orang mati yang hidup kembali untuk menjelaskan bahwa memang ada kebangkitan," tuturnya lagi.

Namun, sebut Quraish Shihab, ada hal yang mendekatkan seseorang untuk bisa mempercayai dan membenarkan adanya hari kebangkitan, yakni dalam hidup semua ada pasangannya Baik siang dan malam, senang dan susah, jelas dan tersembunyi, dan sebagainya.

"Jika demikian, jika ada dunia ada juga pasangannya, yaitu akhirat. Dari sini akal bisa menyatakan, jika demikian kebangkitan pasti ada," ucap Quraish Shihab di akhir renungannya.

Tonton video Quraish Shihab dalam Mutiara Hati SCTV berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.