Sukses

PLN Punya Layanan Baru, Pelanggan Bisa Cek Estimasi Tagihan Listrik via Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta PLN kembali hadirkan kemudahan bagi pelanggan di dalam Aplikasi New PLN Mobile. Kini, pelanggan dapat mengestimasi tagihan listrik bulan selanjutnya melalui fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM).

"Fitur SwaCAM kita hadirkan guna memberikan transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan. Sekarang pelanggan juga dapat mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan berikutnya," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril.

Dirinya menambahkan, kehadiran fitur ini juga bertujuan untuk meminimalisasi potensi kesalahan baca meter, khususnya bagi kondisi atau lokasi meter pelanggan yang sulit dibaca oleh petugas.

Selain di New PLN Mobile, PLN juga menyediakan layanan Baca Meter Mandiri melalui WhatsApp di nomor 08122123123, sehingga pelanggan dapat melakukan pelaporan mandiri pada tanggal 24-27 setiap bulannya.

"Apabila pelanggan belum melaporkan secara mandiri melalui SwaCAM atau Whatsapp, serta lokasi atau kondisi meter pelanggan sulit dibaca oleh petugas, maka sebagai alternatif akhir PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan pemakaian sebagai dasar perhitungan rekening listrik," terang Bob.

Menurutnya, alternatif akhir tersebut dilakukan guna mengantisipasi lonjakan tagihan, ketika petugas PLN sudah bisa membaca stand meter di lokasi pelanggan.

Untuk mendapat beragam kemudahan lainnya dari layanan PLN, pelanggan dapat segera mengunduh aplikasi New PLN Mobile yang sudah tersedia di Play Store dan App Store.

2 dari 3 halaman

Kini Mendapatkan Layanan Instalasi Listrik PLN Cukup dengan Listriqu

PT PLN (Persero) meluncurkan fitur Listriqu ke dalam aplikasi New PLN Mobile, Jumat (23/4/2021). Fitur ini memungkinkan para pelanggan PLN untuk mendapatkan layanan instalasi listrik milik pelanggan (IML) dengan mudah dan cepat.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, fitur Listriqu yang digagas oleh anak usaha PT PLN, PT Haleyora Power, menjadi terobosan PLN untuk meningkatkan customer experience.

"PLN memiliki kewajiban memenuhi kebutuhan listrik dan memberi layanan terbaik untuk seluruh pelanggan. Transformasi power beyond generation harus ditingkatkan untuk customer focus, customer experience," ujar Bob dalam peluncuran fitur Listriqu secara daring.

Selama ini, lanjut Bob, masyarakat seringkali salah kaprah dan mengira seluruh instalasi listrik menjadi domain PLN.

Padahal, kewenangan PLN hanya sampai instalasi di kWh meter, di atas itu, seluruhnya ialah kewenangan pelanggan.

Mengusung tagline Quick and Quality Solution, Listriqu menyediakan layanan instalasi listrik yang cepat dengan petugas yang memiliki sertifikasi kompetensi kelistrikan, kualitas material yang memenuhi standar SNI, harga yang transparan serta produk yang bergaransi.

"Diharapkan, Listriqu dapat menjawab kebutuhan apabila pelanggan ingin melakukan modifikasi atau perubahan instalasi listrik di rumah, gedung atau kantor," kata Bob.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: