Sukses

4 Menu Buka Puasa Ideal Versi British Nutrition Foundation

Cek menu buka puasa ideal versi British Nutrition Foundation.

Liputan6.com, Jakarta - British Nutrition Foundation menyebut Ramadhan bisa menjadi kesempatan untuk memperbaiki pola makan. Menyantap menu buka puasa dan sahur yang sehat berperan penting terhadap kelancaran aktivitas selama berpuasa.

Konsumsi cairan merupakan hal yang utama. Menu yang disarankan agar buka buasa dengan banyak cairan, serta makanan rendah lemak. Selain itu, lebih baik untuk buka puasa secara perlahan.

Sementara kebanyakan makan gorengan dan makanan manis bisa berdampak pada naiknya berat badan. Makanan yang kebanyakan garam juga diminta dihindari karena bisa menimbulkan haus.

Berikut empat menu utama yang sehat dimakan saat buka puasa versi British Nutrition Foundation.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Banyak Minum

Air tentunya menjadi prioritas saat iftar, baik itu air putih, susu, jus buah, atau smoothies.

Minuman berbasis susu dan buah dengan gula alami juga bagus untuk buka puasa. Tetapi, hindarilah minuman yang mengandung gula tambahan.

Menyantap kebanyakan minuman dengan gula tambahan dapat memberikan seseorang terlalu banyak gula dan kalori.

3 dari 6 halaman

2. Kurma

Kurma merupakan menu buka puasa yang tradisional sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Kurma ideal untuk buka puasa karena memberikan gula alami untuk energi, serta mineral seperti potasium, tembaga, mangan, dan sumber serat.

Ada juga alternatif lain, seperti buah tin, aprikot, kismis, atau prune juga memberikan serat dan nutrisi yang dibutuhkan.

4 dari 6 halaman

3. Buah-buahan

Buah-buahan menjadi cara tradisional di beberapa negara Asia untuk buka puasa.

Buah penting karena menyediakan gula alami, cairan, berbagai vitamin, dan mineral untuk tubuh. Selain rasanya manis, buah turut memberikan bonus berharga berupa kesehatan bagi tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Sup

Sup merupakan menu berbuka tradisional di negara-negara Arab. Selain ringan disantap, sup mengandung bahan sehat, mulai dari beragam jenis sayur, dan tentunya mengandung cairan. 

Setelah iftar, disarankan tetap menyantap buah dan sayur. Makanan protein seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan juga penting.

Jika ingin makanan berlemak atau bergula, pastikan agar tidak mengkonsumsi terlalu banyak. Gunakan waktu berbuka untuk memasok nutrisi sehat dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Infografis Puasa:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.