Sukses

Aplikasi Kesan Rilis Fitur Tanya Kiai

Liputan6.com, Jakarta - Pada bulan Ramadhan, banyak umat muslim yang ingin bertanya mengenai agama Islam, terutama seiring dengan terbatasnya mobilitas selama pandemi.

Hal ini menginspirasi aplikasi Kesan untuk meluncurkan fitur Tanya Kiai. Fitur ini baru saja diluncurkan Kamis (22/4/2021).

Fitur Tanya Kiai memudahkan pengguna bertanya soal agama secara online kepada Kiai atau Nyai yang kompeten di bidangnya.

Ada lebih dari puluhan Kiai dan Nyai yang telah bergabung dengan spesialisasi yang beragam, dari mulai Al-Qur’an, Hadis, Fikih Umum, Fikih Ekonomi, Fikih Keluarga, hingga Waris. 

CEO Aplikasi Kesan Hamdan Hamedan menjelaskan, fitur ini terinspirasi dari banyaknya pertanyaan yang masuk ke Kesan setiap harinya, ditambah dengan keinginan dari para pengguna untuk bertanya langsung kepada ahlinya. 

“Islam mengajarkan kita untuk bertanya kepada ahlinya jika kita tidak tahu. Fitur Tanya Kiai memungkinkan pengguna berkonsultasi soal agama Islam langsung kepada ahlinya secara praktis dan nyaman," kata Hamdan.

2 dari 3 halaman

Bertanya Secara Anonim

Para penanya di fitur Tanya Kiai bahkan bisa memilih anonim agar lebih nyaman ketika bertanya.

Fitur Tanya Kiai pun mendapat apresiasi dan sambutan, salah satunya dari Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Timur KH. Ma’ruf Khozin.

“Jika manusia sakit fisik, maka bertanyanya ke dokter, dan jika ada masalah batin atau soal-soal agama, maka bertanyanya ke ulama. Fitur Tanya Kiai ini dapat memudahkan umat bertanya kepada ulama yang tepat,” katanya.

Selain fitur Tanya Kiai, aplikasi Kesan juga menyiapkan beragam fitur untuk menunjang ibadah umat Islam di bulan Ramadhan. 

3 dari 3 halaman

Tentang Aplikasi Kesan

“Selain ada fitur Al-Qur’an lengkap dengan tafsir serta tajwid warna, Kesan juga menyiapkan pengingat shalat, 100 lebih doa dan zikir Ramadhan, hadis dan fikih Ramadhan, serta buku-buku seputar Ramadhan," kata Hamdan.

Lebih lanjut aplikasi Kesan juga menghadirkan artikel Islami harian yang ditulis oleh para ustaz guna menambah wawasan keagamaan para pengguna. 

Sekadar informasi, aplikasi Kesan telah diunduh lebih dari 350 ribu kali oleh para pengguna baik di dalam maupun luar negeri. Pengguna bisa menemukannya di toko aplikasi Google Play, App Store, dan website Kesan.

(Tin/Ysl)