Sukses

Doa saat Sedekah di Bulan Ramadan, Penuh Berkah

Sedekah merupakan amalan mulia di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Sedekah merupakan amalan mulia di bulan Ramadan. Saat Ramadan, segala amal baik akan dilipatgandakan ganjarannya. Bulan penuh berkah ini memang selalu dimaknai dengan sejuta kemuliaan di dalamnya.

Tak hanya puasa, pahala bulan Ramadan bisa didapatkan dari amalan lain seperti sedekah. Rasulullah pun pernah bersabda bahwa waktu terbaik untuk bersedekah ialah di bulan Ramadan. Sedekah membuat orang lebih dapat bersyukur atas apa yang telah dimilikinya.

Bersedekah bisa dilakukan dalam bentuk apapun. Sedekah bisa berupa makanan, uang, barang, pakaian, dan apa pun yang bermanfaat. Sedekah juga bisa diberikan pada kaun dhuafa atau bahkan orang yang berpuasa sekalipun.

Ketika bersedekah, alangkah baiknya memanjatkan doa sedekah. Membaca doa sedekah bisa membuat sedekah yang diberikan, diterima oleh Allah SWT. Doa sedekah juga bisa jadi tanda syukur atas sedekah yang diberikan.

Berikut doa saat sedekah di bulan Ramadan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (5/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan

Rasululllah pernah bersabda bahwa waktu terbaik untuk bersedekah ialah di bulan Ramadan. Sebab di bulan Ramadan seseorang bisa merasakan, bahwa tidak semua orang mendapat kemudahan seperti yang ia miliki. Sedekah membuat orang lebih dapat bersyukur atas apa yang telah dimilikinya.

Amalan bersedekah pada bulan Ramadan tertuang pada hadis berikut:

Dalam shahihain, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al Qur’an kala itu. Dan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keutamaan sedekah tertuang pada surat Al-Baqarah ayat 271 yang berbunyi:

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Sedekah juga tertuang pada hadis yang berbunyi:

“Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

3 dari 6 halaman

Doa sedekah di bulan Ramadan

Ketika selesai bersedekah, tak perlu diingat-ingat lagi. Kemudian, baca doa ini agar sedekah kita diterima Allah SWT:

Rabbana taqobbal minna innaka antas sami'ul alim.

Artinya:

" Ya Tuhan kami, terimalah dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Doa sedekah saat dalam perjalanan

Tidak jarang ketika sedang dalam perjalanan, keinginan bersedekah muncul. Tanpa pikir panjang, sebagian harta akan dikeluarkan untuk bersedekah. Nah, ketika bersedekah di tengah perjalanan, iringi dengan doa ini. Semata agar sedekah semakin berkah.

sytaraitu salamati wa salamata man ma'iya wa ma ma'iya wa mukhollifi bi hadza minallahi 'azza wa jalla.

Artinya:

" Aku membeli keselamatanku dan keselamatan orang yang bersamaku dan barang yang ada bersamaku serta orang-orang yang aku tinggalkan dengan sedekah ini dari Allah."

4 dari 6 halaman

Doa saat tidak bisa sedekah

Pada situasi tertentu ada waktu di mana seseorang tidak dapat bersedekah. Ini bisa karena kondisi ekonomi yang tidak baik, sedang mendapat masalah, atau kesulitan lainnya. Saat mengalami hal ini, dianjurkan membaca doa ini sebagai pengganti sedekah:

Allahumma sholli 'ala muhammadin 'abdika wa rasulika wa sholli 'alal mu'minina wal mu'minati wal muslimina wal muslimati.

Artinya:

" Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, hamba-Mu dan utusan-mu, dan limpahkanlah rahmat kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang muslim laki-laki dan perempuan."

5 dari 6 halaman

Beda zakat, infak, dan sedekah

Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha yang dimiliki oleh orang Islam untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam.

Infak adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Tak seperti zakat, infak memiliki hukum sunah. Sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Yang membedakan antara sedekah dan infak adalah bentuk yang dikeluarkan. Jikan infak berbentuk harta atau materi, sedekah bisa berbentuk apa saja, tak harus harta dan materi. Sedekah cakupannya lebih luas seperti memberikan senyuman, menyingkirkan batu dari jalan, dan perbuatan baik lainnya.

6 dari 6 halaman

Bentuk sedekah

Senyuman

Sedekah juga bisa dilakukan dengan sangat sederhana yakni dengan memberikan senyuman kepada sesama manusia. Memberikan senyum kepada sesama dapat mempererat tali silaturahmi antar saudara, sanak, kerabat dan juga orang baru.

Menyingkirkan Hal-hal yang Mengganggu di Jalan

Sedekah juga bisa berbentuk perbuatan seperti menyingkirkan hal-hal yang menggangu di jalanan. Bisa dengan menyingkirkan batu di jalan, memotong ranting pohon, dan lain sebagainya. Selain itu, seseorang juga dapat menolong orang lain agar terhindar dari berbagai hal buruk yang akan menimpanya.

Memberikan Salam

Salam juga bagian dari sedekah. Ini karena salam merupakan suatu doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT setiap bertemu dengan orang lain.

Membangun Masjid

Mendirikan masjid atau memberikan sebagian tanah yang dimiliki untuk diwakafkan menjadi masjid merupakan salah satu jenis sedekah. Sedekah ini akan menjadi pahala yang mengalir selama masjid yang telah dibangun aktif digunakan untuk beribadah.

Berbagi Ilmu

Mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada orang lain juga menjadi salah satu jenis sedekah yang dapat dilakukan secara sederhana. Hal ini disebabkan, dengan berbagi ilmu kepada sesama akan membuat orang tersebut membagikan ilmu mereka juga kepada setiap orang.

Memberikan Makanan dan Minuman

Bentuk sedekah selanjutnya adalah membagikan makanan dan minuman kepada setiap orang yang membutuhkan. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Muslim yang berbunyi.

"Sebaik-baiknya sedekah adalah memberi air minum." (HR. Muslim).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.