Sukses

Doa Nabi Ibrahim dalam Alquran Agar Negara Aman Penuh Limpahan Rezeki

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nabi Ibrahim AS diabadikan dalam banyak ayat Alquran. Nabi umat Islam keenam ini memiliki banyak kisah-kisah menarik yang patut diambil pelajaran darinya.

Dalam surah An Nisa ayat 125, Allah SWT menjuluki bapak para Nabi ini dengan sebutan Khalilullah, atau kesayangan Allah. Dari keturunan Ibrahim, lahirlah nabi-nabi lain.

وَمَنْ اَحْسَنُ دِيْنًا مِّمَّنْ اَسْلَمَ وَجْهَهٗ لِلّٰهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَّاتَّبَعَ مِلَّةَ اِبْرٰهِيْمَ حَنِيْفًا ۗوَاتَّخَذَ اللّٰهُ اِبْرٰهِيْمَ خَلِيْلًا

"Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya." (QS. An Nisa’: 125)

Saking istimewanya kedudukan Nabi Ibrahim di mata umat Islam, bahkan setiap salat kita mengucapkan shalawat kepadanya. Pada setiap bacaan tahiyat, umat Islam diwajibkan membaca shalawat Ibrahimiyah.

Doa-doa Nabi Ibrahim termaktub dalam kitab suci Alquran. Di antara doa yang terkenal darinya adalah saat meminta kepada Allah SWT agar dilimpahkan perlindungan kepada negeri.

 

2 dari 3 halaman

Doa Nabi Ibrahim untuk Negeri

Berikut adalah doa Nabi Ibrahim yang meminta keamanan pada negeri dan agar penduduknya dilimpahi rezeki. Doa ini termaktub dalam surah Al Baqarah ayat 126.

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّارْزُقْ اَهْلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنْ اٰمَنَ مِنْهُمْ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَاُمَتِّعُهٗ قَلِيْلًا ثُمَّ اَضْطَرُّهٗٓ اِلٰى عَذَابِ النَّارِ ۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ

"Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, 'Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian,”'Dia (Allah) berfirman, 'Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. Al Baqarah: 126.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini