Sukses

Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Rupanya masih ada banyak ibadah sunnah lainnya yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid di bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap umat muslim yang telah baligh dan berakal diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Namun, bagi muslimah yang sedang datang bulan atau haid diharamkan hukumnya berpuasa.

Muslimah yang haid di bulan Ramadhan dilarang melaksanakan puasa dan diwajibkan menggantinya di lain hari. Mungkin banyak yang bertanya lantas apa yang bisa dilakukan wanita haid agar tetap mendapatkan pahala di bulan puasa.

Rupanya masih ada banyak ibadah sunnah lainnya yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid di bulan Ramadhan. Amalan tersebut salah satunya ialah dengan perbanyak dzikir. Hal ini seperti yang disebutkan dalam surat Al-Ahzaab: 41-42.

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyediakan Hidangan Buka Puasa

Selain itu, wanita haid juga bisa mendapatkan pahala dengan menyediakan hidangan berbuka puasa kepada umat muslim yang menjalankannya. Tak tanggung-tanggung, pahalanya bahkan dikatakan sama seperti mereka yang berpuasa satu hari penuh.

Rasulullah SAW Bersabda, “Barang siapa yang memberi ifthar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang shaum/berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.” (H.R. Bukhari Muslim).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.