Sukses

Cerita Unik dari Mesir, Dentuman Meriam Penanda Waktu Sahur dan Berbuka

Dengan dimulainya bulan suci Ramadhan pada tanggal 13 April lalu, Mesir menembakkan meriam Ramadhan atau Midfa Al-Iftar.

Liputan6.com, Kairo - Selama bulan Ramadhan tahun ini, warga Kairo, Mesir dapat mendengar dentuman meriam yang sudah berusia berabad-abad setiap subuh dan magrib, yang menandai waktu sahur dan waktu berbuka puasa.

Dengan dimulainya bulan suci Ramadhan pada tanggal 13 April lalu, Mesir menembakkan meriam Ramadhan atau Midfa Al-Iftar yang sudah berusia ratusan tahun di benteng Salah El-Din yang bersejarah di Kairo untuk pertama kalinya dalam 30 tahun.

Meriam yang ditembakkan terakhir kalinya dari benteng tersebut pada tahun 1992, menjalani program restorasi sebagai bagian dari rencana negara itu untuk mengembangkan situs arkeologi, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (21/4/2021).

Meriam tersebut itu ditembakkan setiap hari selama bulan puasa pada saat matahari terbit dan pada saat matahari terbenam untuk menandai dimulainya dan berakhirnya puasa pada hari itu.

Umat Muslim di ibu kota Kairo itu juga memperlihatkan kegembiraan mereka karena dapat melakukan salat Tarawih tahun ini setelah kebanyakan masjid ditutup pada tahun 2020 karena pandemi virus corona.

Mohammad Abu Hashim, Imam Masjid Zainab, Mesir mengatakan, "Tentu saja Anda melihat kegembiraan di wajah orang-orang. Mereka merasa sangat senang tahun ini. Lihatlah bagaimana mereka memasuki masjid, mereka terlihat bahagia."

"Seperti Anda tahu, karena virus corona, kami tidak dapat datang ke masjid untuk salat Tarawih tahun lalu. Namun syukur kepada Allah SWT, tahun ini kami mendapat kehormatan dari Allah dan dapat melaksanakan Tarawih, dapat berdoa kepada Allah untuk menghilangkan pandemi COVID-19 dari seluruh dunia."

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Lezat Konafa

Hassan Suliman yang datang ke masjid untuk sholat, mengatakan, "Sebelumnya kami biasa salat di rumah, kini kami dapat salat di masjid. Anda dapat merasakan perbedaan ketika salat di rumah Anda dan di masjid. Tentu saja kami merasa sangat bahagia yang tidak ternilai. Ini merupakan bulan ibadah yang kami nantikan dari tahun ke tahun."

Selain ke masjid, umat Islam juga merasa senang karena dapat menikmati kembali camilan manis pada bulan Ramadhan. Salah satu camilan itu adalah penganan yang disebut Konafa.

Salah seorang warga Kairo yang membeli Konafa itu adalah Mohammad Salah. Ia mengatakan, "Sebelum Iftar, kami pergi membeli Konafa, Qatayef dan lainnya.

Seperti yang Anda tahu, karena situasi pembatasan COVID-19 yang kami hadapi tahun lalu, kami kehilangan suasana dan kegembiraan ini tahun lalu. Kami menunggu Ramadhan tahun ini. Alhamdulillah, kami dapat merasakannya dan begitu pula Idul Fitri tahun ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.