Sukses

Quraish Shihab: Siapa yang Perhatikan Aib dan Kekurangan Sendiri, Dia Tak Akan Melihat Aib Orang Lain

Quraish Shihab juga mengatakan siapa yang puas dianugerahkan Allah kepadanya setelah usaha maksimal dilakukan, maka dia tidak akan sedih akibat apa yang tidak diperolehnya.

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Pusat Studi Alquran Quraish Shihab mengungkap sederet rumus yang dikeluarkan oleh para pakar dan moralis terkait dampak dari sebuah tindakan.

Rumus pertama, "Siapa yang memperhatikan aib dan kekurangannya, maka dia tak akan melihat aib dan kekurangan orang lain," kata Quraish Shihab. 

Sementara, bagi mereka yang melupakan dosa dan kesalahannya, maka dia akan memperbesar dosa dan kesalahan orang lain.

Rumus lainnya yang diungkap Quraish Shihab](4535226 "") adalah, "Siapa yang puas dianugerahkan Allah kepadanya, setelah usaha maksimal dilakukan, maka dia tidak akan sedih akibat apa yang tidak diperolehnya." 

"Sedangkan bagi yang menghunus pedang untuk mencederai orang lain secara aniaya, maka pedang serupa akan membunuhnya," sambungnya. 

Lebih lanjut cendekiawan muslim ini mengatakan, "Siapa yang mengali lubang untuk menjerumuskan saudaranya, maka dia akan terjerumus ke dalamnnya. Begitu pun dengan yang merasa pendapatnya lebih benar, dia akan tersesat."

Quraish Shihab menambahkan, "Siapa yang masuk tempat buruk, dia akan jadi tersangka. Dan siapa yang bergaul dengan cendekia, maka dia akan terhormat dan banyak tahu," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.