Sukses

Jadwal Imsak Hari ini Senin 19 April 2021, Ini Tips Sahur Sehat Supaya Kuat Puasa Seharian

Ini beberapa jadwal imsak hari ini Senin 19 April 2021 dari berbagai kota besar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa Ramadan telah menginjak hari ketujuh, jangan sampai melewatkan sahur agar puasa kita selama lebih dari 12 jam dapat berjalan lancar meski banyak aktivitas diluar ruangan. Mengetahui jadwal imsak hari ini Senin 19 April 2021 sangat penting.

Pasalnya jadwal imsak hari ini Senin 19 April 2021 berbeda di kota kota besar Indonesia. Perbedaan pada jadwal imsak di kota besar mengharuskan Anda untuk teliti dalam mencermati waktu imsak. Jangan sampai puasa Anda menjadi batal atau tidak sah hanya karena imsak di waktu yang tidak seharusnya.

Selain waktu imsak, umat Islam juga mesti memperhatikan waktu Subuh, penanda sesungguhnya umat muslim tidak boleh melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Maka dari itu, Anda harus cermat lagi untuk melihat jadwal puasa khususnya Imsakiyah Ramadan di kota Anda.

Berikut jadwal imsak hari ini Senin 19 April 2021dan ketahui pula tips sahur sehat agar kuat hingga seharian berpuasa yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (18 April 2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Imsak Hari ini Senin 19 April 2021 di Kota Besar Indonesia

Berikut ini jadwal imsak hari ini Senin 19 April 2021 di beberapa kota besar Indonesia, yaitu.

Jakarta : 04.27 WIB

Bandung : 04.24 WIB

Surabaya : 04.04 WIB

Yogyakarta : 04.14 WIB

Banda Aceh : 05.04 WIB

Medan : 04.52 WIB

Padang : 04.49 WIB

Palembang : 04.33 WIB

Semarang : 04.13 WIB

Malang : 04.05 WIB

Pontianak : 04.13 WIB

Banjarmasin : 04.54 WITA

Denpasar : 04.56 WITA

Makassar : 04.36 WITA

Palu : 04.31 WITA

Kupang : 04.23 WIT

Ambon : 05.00 WIT

Jayapura : 04.09 WIT

3 dari 3 halaman

Tips Sahur Sehat Supaya Kuat Puasa Seharian

Sahur juga dapat menghindarkan Anda dari maag. Lambung yang kosong dalam jangka waktu terlalu lama akan meningkatkan kadar asam lambung dan memicu gejala maag. Agar kuat dalam menjalankan puasa, tentunya nutrisi saat sahur juga harus diperhatikan. Berikut ini tips sahur sehat supaya kuat seharian berpuasa.

1.  Penuhi kebutuah air dan mineral tubuh

Air adalah komponen penting yang tidak boleh terlewatkan saat sahur. Air diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya, sehingga Anda menjadi lebih berenergi atau tidak mudah lemas saat berpuasa. Jadi, minumlah air yang cukup saat sahur guna mencegah dehidrasi yang sering terjadi saat berpuasa. Hindari air yang mengandung gula seperti jus kemasan atau minuman bersoda karena konsumsi secara berlebihan akan menaikkan berat badan.

2.  Konsumsi karbohidrat kompleks

Menu sahur sehat harus terdiri dari karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga tubuh akan mendapatkan energi untuk waktu yang lama dan Anda tidak akan mudah lapar. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, dan oat. Lain halnya apabila Anda makan karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti tawar putih, atau gula pasir. Karena semua karbohidrat sederhana ini mudah dicerna, kadar gula darah akan cepat naik, dan Anda akan mudah lapar kembali. Makanan-makanan seperti ini juga sebaiknya dihindari oleh diabetesi.

3.  Tambahkan buah dan sayuran

Selain karbohidrat kompleks, saat sahur juga disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Karena banyak mengandung serat, konsumsi buah dan sayur dapat membantu mempertahankan rasa kenyang dan mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu, mereka juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya Anda mengonsumsi sayur dan buah dalam bentuk utuh atau tidak dalam bentuk jus, karena bila diminum dalam bentuk jus, akan mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya.

4.  Jangan lupakan protein

Jangan lupa untuk mengonsumsi protein yang baik, seperti ayam tanpa kulit, ikan, serta produk susu rendah lemak. Protein berguna untuk mempertahankan rasa kenyang yang lama. Selain itu, protein juga digunakan untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh serta meningkatkan sistem imun tubuh. Mengonsumsi produk susu yang tinggi kalsium juga akan membantu menguatkan tulang.

5.  Makanan dengan kandungan zat besi

Selama berpuasa, tubuh akan kekurangan zat besi dalam jumlah besar. Hal ini bisa menjadi masalah utama bagi penderita anemia atau kurang darah merah. Oleh karena itu, bagi siapa saja sangat baik untuk mengonsumsi makanan-makanan sumber zat besi tinggi, seperti hati ayam, sayur bayam, dan sayur daun singkong.

Itu tadi jadwal imsak hari ini Senin 19 April 2021 beserta tips sahur sehat agar kuat puasa seharian. Dengan melaksanakan sahur akan memberikan asupan energi untuk menjalankan ibadah puasa. Jika Anda tidak sahur, tubuh dapat lemas, sulit berkonsentrasi, dan efek lainnya. Untuk itu, sebisa mungkin jangan melewatkan waktu sahur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini