Sukses

Ahli Gizi PBSI Bagi-bagi Tips Jalani Puasa Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Dua ahli gizi pelatnas PBSI di Cipayung, dokter Vetinly dan Paulina Tobing berbagi tips menjalani puasa Ramadan bagi para pemain. Menurut Veltiny, yang terpenting adalah para pemain mencukupi kebutuhan kalori masing-masing.

"Yang perlu diperhatikan atlet agar tetap fit dan imun terjaga saat menjalankan puasa adalah kecukupan kalori, komposisi makanan serta cairan dan elektrolit," kata Vetinly seperti dilansir situs Badminton Indonesia.

Para pemain memang tetap bertahan di pelatnas Cipayung di Ramadan kali ini. Pasalnya, mereka harus bersiap untuk empat turnamen yang akan diikuti skuad pelatnas.

Turnamen itu adalah India Open 2021 (11-16 Mei), Spain Masters 2021 (18-23 Mei), Malaysia Open 2021 (25-30 Mei), dan Singapore Open 2021 (1-6 Juni). Alhasil, para pemain harus tetap berlatih keras agar tampil prima di empat turnamen tersebut.

Vetinly menambahkan para pemain harus benar-benar memperhatikan menu sahur dan berbuka puasa Ramadan mereka. Tak lupa, ia meminta para pemain mengurangi asupan lemak jenuh.

"Tentu saja selain memperhatikan kecukupan kalori, komposisi makanan yg diasup juga perlu diperhatikan. Yang sebaiknya dikurangi adalah makanan yang tinggi akan lemak jenuh. Perbanyak karbo kompleks, serat dan protein," katanya.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Ramadan di Bawah Ini