Sukses

Jadwal Imsak Hari Ini Sabtu 17 April 2021 dan Makanan Wajib saat Sahur

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini Sabtu 17 April 2021 berbeda-beda di setiap wilayah. Semua jadwal puasa Ramadan mulai dari jadwal salat wajib, jadwal imsak, serta jadwal berbuka puasa bisa berbeda-beda di setiap daerah. 

Bahkan di kota yang berdekatan sekali pun biasanya ada perbedaan waktu dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui dan memahami perbedaan jadwal puasa Ramadan, terutama di daerah tempat tinggalmu. Kamu harus mencari informasi tentang jadwal imsak hari ini Sabtu 17 April 2021 agar tidak salah dalam melaksanakan ibadah puasa.

Jangan sampai kamu mengikuti jadwal di daerah lain. Biasanya di televisi ada pemberitahuan untuk berbuka puasa, tapi kebanyakan televisi memakai patokan daerah Jakarta. Jadi kamu harus cermat lagi untuk melihat jadwal puasa Ramadan di daerahmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Kementerian Agama, Jumat (16/4/2021) tentang jadwal imsak hari ini Sabtu 17 April 2021.

2 dari 5 halaman

Jadwal Imsak Hari Ini Sabtu 17 April 2021 di Beberapa Kota Besar

Berikut Jadwal Imsak Hari Ini Sabtu 17 April 2021 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.28 WIB

Bandung: 04.25 WIB

Surabaya: 04.05 WIB

Jogja: 04.15 WIB

Semarang: 04.14 WIB

Banda Aceh: 05.05 WIB

Medan: 04.53 WIB

Padang: 04.50 WIB

Pekanbaru: 04.45 WIB

Palembang: 04.34 WIB

Tanjung Pinang: 04.32 WIB

Pontianak: 04.13 WIB

Banjarmasin: 04.55 WITA

Denpasar: 04.56 WITA

Makassar: 04.37 WITA

Palu: 04.32 WITA

Mataram: 04.52 WITA

Kupang: 04.23 WITA

Ambon: 05.01 WIT

Sorong: 04.46 WIT

Jayapura: 04.10 WIT

3 dari 5 halaman

Niat Puasa Ramadan

Berpuasa di bulan Ramadan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan Ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak-anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa Ramadan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa Ramadan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai salat tarawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa Ramadan ini.

Dengan mengenal doa doa yang harus diketahui selama bulan Ramadan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadan diterima oleh Allah SWT.

4 dari 5 halaman

Makanan Wajib saat Sahur

Karbohidrat Kompleks

Jenis makanan yang wajib ada saat sahur adalah karbohidrat kompleks. Nutrisi ini sangat penting dalam menyediakan energi untuk beraktivitas selama bulan Ramadan. Karbohidrat kompleks lebih baik dari karbohidrat sederhana karena dapat dicerna lebih perlahan dan energi yang dikandungnya juga dilepaskan dengan bertahap.

Contoh karbohidrat kompleks yaitu nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Mekanisme kerja kerbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana melepaskan energi dalam jumlah besar secara singkat, dan menurun drastis setelahnya. Contoh karbohidrat sederhana yang sebaiknya dihindari adalah nasi putih, roti putih, dan gula putih.

Serat

Jenis makanan yang wajib ada saat sahur selanjutnya adalah serat. Hal ini berkaitan dengan masalah pencernaan yang sering terjadi di bulan puasa. Serat dapat melancarkan dan menyehatkan pencernaan kamu.

Agar pencernaan tetap sehat dan lancar selama bulan puasa, sediakan serat dalam menu sahur kamu. Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, biji-bijian dan kacang-kacangan.

5 dari 5 halaman

Makanan Wajib saat Sahur

Protein

Protein merupakan salah satu jenis makanan yang wajib ada saat sahur. Nutrisi satu ini memiliki fungsi untuk menggantikan sel-sel rusak. Dengan pergantian atau regenerasi ini, kerja seluruh sistem tubuh tetap terjaga optimal, sekalipun saat berpuasa.

Oleh karena itu, pastikan menu sahur kamu mengandung cukup protein. Bahan makanan yang tinggi protein yakni telur, ayam, ikan, tempe tahu, dan daging.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah bisa menjadi jenis makanan yang wajib ada saat sahur paling penting. Hal ini karena sayur dan buah memiliki kadar air yang tinggi hingga kandungan serat yang dibutuhkan saat sahur.

Selain kadar airnya tinggi, sayur dan buah juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu menjaga kebugaran tubuh selama puasa. Variasikan jenis sayur dan buah saat sahur agar nutrisi yang diperoleh juga beraneka ragam dan terjaga kelengkapannya.

Kamu bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung saat sahur. Zat besi yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang membantu mengalirkan energi ke sel-sel dalam tubuh, sehingga energi tetap terjaga.

Sedangkan untuk buah, salah satu buah yang dapat kamu jadikan alternatif adalah apel. Buah ini mengandung banyak serat dan karbohidrat. Mengonsumsi apel saat sahur dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari lemas yang mengganggu kegiatan sehari-hari selama berpuasa. Namun, hindari buah yang rasanya masam karena akan memicu produksi asam lambung yang berlebih, apalagi bila dimakan saat perut dalam keadaan kosong.

Air Putih

Selain jenis makanan yang wajib ada saat sahur tersebur, mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat sahur juga sangatlah penting. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 4–6 gelas air putih saat sahur dan buka puasa.

Pastikan air putih tak ditambah sirup atau gula. Dengan jumlah cairan yang cukup dalam tubuh, tubuh akan tetap sehat dan kuat selama puasa.