Sukses

Quraish Shihab: Kurangnya Kemampuan Hanya Dapat Tercukupi dengan Niat yang Kuat

Menurut Quraish Shihab, niat adalah sebuah kehendak yang kuat. Kalau kehendak terpenuhi dan kemampuan ada, maka yang dikehendaki dapat terwujud atas bantuan Allah.

Liputan6.com, Jakarta Cendekiawan muslim sekaligus Pendiri Pusat Studi Alquran Quraish Shihab mengatakan, bahwasanya Allah menilai kehendak bukan perbuatan.

Menurut Quraish Shihab, niat adalah sebuah kehendak yang kuat. Kalau kehendak terpenuhi dan kemampuan ada, maka yang dikehendaki dapat terwujud atas bantuan Allah.

"Jika yang diharapkan belum terwujud, maka periksalah terlebih dahulu kehendak Anda sebelum memeriksa kemampuan Anda," ucapnya. 

Karena kurangnya kemampuan, lanjut Quraish Shihab hanya dapat tercukupi oleh kuatnya kehendak.

Dia juga menyatakan, akan gugur kewajiban agama bila kemampuan tak dimiliki.

"Siapa yang menghendaki kehidupan duniawi, akan kami segerakan baginya apa-apa yang kami kehendaki. Dan siapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha sungguh-sungguh sambil beriman, maka mereka itulah yang usahanya disyukuri," ucap Quraish Shihab yang mengutip firman Allah di akhir renungannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.