Sukses

Bikin Makin Rajin Ibadah Puasa, Ini 8 Tips Menyiapkan Ruangan Salat di Rumah

Ini ada beberapa tips menyiapkan ruangan salat atau musala di Rumah, Cocok banget dipraktekkan saat pandemi seperti ini, membuat ibadah kita menjadi lebih khusuk.

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadan telah tiba, pada saat seperti akan ada banyak kegiatan ibadah yang dilakukan, khususnya salat. Bagi umat muslim, salat merupakan ibadah yang wajib dijalankan. Ditambah kegiatan ibadah yang lain seperti membaca Al-Qur'an dan lain sebagainya.

Namun, di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, mungkin sebagian dari Anda masih ada yang khawatir pergi ke masjid untuk melaksanakan ibadah salat sehingga masih memilih melakukan salat di rumah.

Namun banyak di antara kita tidak mengalokasikan sebuah ruangan di rumah dengan dekorasi yang tepat untuk mendukung kegiatan ibadah tersebut. Padahal dengan desain dan dekorasi yang benar, aktivitas ibadah di rumah dapat menjadi lebih khusuk.

Untuk membuat ruangan salat atau musala di rumah, agar menjadi nyaman dan menyenangkan. Berikut ini 8 tips membuat ruangan salat di rumah Anda menjadi tempat nyaman yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (14/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Menyiapkan Ruangan Salat di Rumah

1. Perhatikan sirkulasi udara dan cahaya

Tips menyiapkan ruangan salat di rumah yang pertama adalah perhatikan sirkulasi udara dan cahaya. Hal yang perlu diperhatikan dalam ruang salat atau musala di rumah, yaitu sirkulasi udara dan cahaya matahari. Dengan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang baik, itu membuat ruangan untuk salat di rumah Anda menjadi tidak lembab dan terasa segar, sehingga Anda dapat beribadah dengan khusyuk dan nyaman.

Anda bisa membuat desain musala pada ruang terbuka, seperti dekat dengan taman di rumah apabila ada. Dengan cara seperti ini, Anda dapat membuat ruangan salat terasa sejuk karena angin bisa masuk dari segala penjuru arah.

2. Gunakan elemen kayu untuk lantai

Tips menyiapkan ruangan salat di rumah yang berikutnya adalah menggunakan elemen kayu sebagai lantai musala Anda di rumah. Ruang salat atau musala di rumah Anda dapat menjadi lebih menarik dan nyaman apabila lantainya dibuat dengan elemen kayu.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan vinyl sebagai lantai di musala rumah. Cara ini juga bisa membuat ruang salat di rumah Anda terasa semakin dekat dengan alam. Jika Anda mau, elemen kayu ini bisa dilapisi lagi dengan sajadah atau karpet. Tapi, lantai vinyl yang berkualitas seharusnya sudah cukup membuat nyaman.

3. Tambahkan alat penyejuk agar ruangan semakin nyaman

Tips menyiapkan ruangan salat di rumah yang selanjutnya adalah tambahkan alat penyejuk. Untuk desain ruang salat di rumah Anda yang terkesan tertutup atau jauh dari sirkulasi udara langsung, maka yang perlu Anda perhatikan adalah membuatnya senyaman mungkin. Dalam hal ini, Anda bisa menambahkan alat penyejuk ruangan seperti kipas angin ataupun yang lebih sejuk lagi dengan menggunakan AC.

4.  Letakkan lemari khusus

Tips menyiapkan ruangan salat di rumah yang lainnya adalah letakkan lemari khusus. Hal yang perlu diperhatikan pula saat mendesain musala di rumah yaitu menatanya menjadi tampak indah dan rapi, agar beraturan dan nyaman. Supaya ruangan salat tetap rapi, maka diperlukan lemari kecil atau rak susun khusus untuk menyimpan berbagai perlengkapan salat mulai dari mukena, sarung, sajadah dan lain sebagainya.

3 dari 3 halaman

Tips Menyiapkan Ruangan Salat di Rumah

5.  Atur  pencahayaan

Tips menyiapkan ruangan salat di rumah yang selanjutnya adalah atur tata cahaya. Tata cahaya pada ruangan musala juga perlu Anda perhatikan. Agar nyaman, pencahayaan yang Anda butuhkan itu harus cukup dan juga tidak berlebihan.

6.  Menyesuaikan warna dinding

Tips menyiapkan ruangan salat di rumah yang berikutnya adalah menyesuaikan warna dinding. Jika memungkinkan, Anda bisa mengatur ulang warna cat dinding ruangan salat di rumah.

Dalam hal ini, interior ruangan musala sebaiknya dipilih dengan warna yang dingin dan menyejukkan mata. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan warna hijau muda, krem, biru muda, salem dan warna-warna pastel. Jangan menggunakan warna-warna yang terang dan panas. Jika Anda ingin memadupandankan warna, pilihlah warna yang senada atau netral dan jangan memilih kombinasi warna yang kontras.

7.  Tambahkan aksesoris keagamaan

Tips menyiapkan ruangan salat di rumah yang selanjutnya adalah tambahkan aksesoris keagamaan. Anda bisa menambahkan beberapa aksesori keagamaan pada ruangan salat di rumah Anda agar tidak tampak begitu kosong. Anda bisa meletakkan pajangan kaligrafi tulisan bahasa Arab atau foto Ka'bah pada dinding ruangan salat, atau pajang aksesori keagamaan yang menurut Anda sesuai.

8.  Berikan pengharum ruangan

Tips menyiapkan ruangan salat di rumah yang terakhir adalah beri pengharum ruangan. Memberikan pengharum ruangan di musala bisa semakin menghadirkan kenyamanan. Anda bisa menggunakan beragam macam aroma wewangian yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Itulah tips menyiapkan ruangan salat atau musala di rumah yang mudah dan dapat dipraktekkan agar ibadah kita di bulan suci Ramadan ini semakin nyaman, menyenangkan, dan khusuk meskipun hanya di rumah saja.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini