Sukses

4 Tips Agar Menjalankan Puasa Ramadhan Hari Pertama Lancar

Beberapa tips agar Anda bisa melewati puasa Ramadhan dengan baik, khususnya di hari pertama,

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Selasa (13/4/2021), umat muslim di Tanah Air, tengah menjalani puasa Ramadhan hari pertama. Memasuki hari pertama puasa, menjadi hari yang berat bagi sebagian umat muslim.

Mereka masih harus menyesuaikan diri dengan pola makan dan kebiasaan baru. Tidak heran jika ada individu yang akan merasa sangat lemas pada hari pertama puasa.

Berikut beberapa tips agar Anda bisa melewati puasa dengan baik, khususnya di hari pertama, seperti melansir dari Culture Trip, Selasa (13/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidur yang Cukup

Pastikan Anda memiliki waktu cukup untuk tidur, setidaknya 8 jam permalam. Kegiatan tersebut akan membantu tubuh Anda mengatur hormon (begitu pula dengan nafsu makan) yang dapat membuatmu lebih mudah dalam menjalani hari, apalagi saat puasa.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan tidur siang, karena kekurangan asupan makanan dapat membuat fokusmu berkurang. Tidur siang dapat membantumu meningkatkan suasana hati dan memperkuat fokus.

3 dari 5 halaman

Makan dengan Benar Sebelum dan Setelah Puasa

Untuk bisa bertahan pada saat puasa, Anda harus menyiapkan makanan yang tepat pada saat sahur dan berbuka. Karbohidrat seperti roti gandum, oatmeal, buah-buahan, dan sayuran segar adalah beberapa alternatif yang baik bagi tubuhmu.

Bahan-bahan tersebut akan dibakar oleh tubuh dengan kecepatan tetap, hal itu berarti Anda akan memiliki banyak energi tersisa untuk melewati hari. Usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, misalnya kopi, soda, atau teh.

Berbagai minuman tersebut akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Pastikan juga untuk menghindari berbagai makanan cepat saji atau makanan olahan, karena energi yang mereka berikan hanya ada dalam waktu singkat. Dampaknya, Anda akan cepat merasa lesu.

Anda juga harus mengkonsumsi banyak air mineral agar tubuhmu tetap terhidrasi sepanjang hari. Hindari makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu makanan dengan kadar gula atau garam yang tinggi.

Ingatlah bahwa tubuh manusia dapat bertahan hidup tanpa makanan dalam jangka waktu yang lama. Namun, tubuh manusia tidak akan bertahan lama tanpa adanya asupan air.

Jika Anda terbiasa makan dengan porsi yang banyak pada hari biasa, cobalah untuk melakukan hal yang sama pada saat berbuka puasa atau sahur di hari pertama puasa. Jika Anda mengurangi asupan dari yang biasanya, mungkin saja Anda akan merasa lebih cepat lapar di siang hari.

Namun perlu diingat, meskipun Anda makan dengan porsi banyak, jangan sampai makan dengan berlebihan.

4 dari 5 halaman

Hindari Pembicaraan Mengenai Makanan

Hindari pembicaraan mengenai makanan di siang hari karena hal tersebut dapat menyebabkan Anda akan lebih berfokus pada rasa lapar. Dampaknya, rasa lapar Anda akan menjadi lebih parah dan Anda pun mulai membayangkan berbagai makanan yang ingin Anda makan.

Kalau bisa, hindari juga membuka media sosial yang menampilkan banyak informasi kuliner, atau foto dan video mengenai makanan. Tetaplah fokus pada manfaat yang akan Anda dapatkan selama berpuasa dan alasan mengapa Anda menjalani ibadah puasa.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba menghabiskan waktu bersama temanmu yang juga sedang berpuasa. Hal tersebut dapat meningkatkan motivasimu dalam melakukan puasa dan membuatmu tidak merasa sendirian.

5 dari 5 halaman

Buat Dirimu Sibuk

Salah satu cara terbaik untuk melewati puasa adalah dengan mengalihkan perhatian dan pikiranmu dari rasa lapar, karena sensasi tersebut bisa menjadi sangat mengganggu. Anda bisa mengalihkan perhatianmu dengan melakukan kegiatan ringan selain bekerja.

Contohnya bertemu dengan teman, melakukan kegiatan yang sering Anda hindari, atau melakukan refleksi diri dan beribadah. Hindari kegiatan berat seperti berolahraga, karena kegiatan tersebut akan membuat tubuhmu tegang dan bertambah lemas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.