Sukses

9 Bahan Makanan Cocok untuk Sahur, Ibadah Puasa 2021 Jadi Lebih Sehat

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, sahur merupakan bagian penting dari ibadah puasa. Supaya puasa ramadan tahun ini terasa lebih sehat, makan di waktu sahur menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan.

Betapa pentingnya sahur bahkan diriwayatkan dalam sejumlah hadist. Makan sahur adalah cara yang Anda bisa lakukan untuk menjaga tubuh tetap berenergidan segar sepanjang hari. 

Supaya puasa lebih segar dan menyehatkan, ada beberapa makanan ini yang dapat menjadi rekomendasi untuk membuat puasa Ramadan Anda terasa ringan dan tetap kuat saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berikut ini ada beberapa makanan sehat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga menyehatkan selama berpuasa yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (12/4/2021).

2 dari 3 halaman

Bahan Makanan yang Menyehatkan Tubuh dan Membuat Perut merasa Kenyang

1.  Telur

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi dan sangat tinggi protein. Mengkonsumsi telur saat sahur merupakan cara yang tepat untuk membuat perut anda kenyang lebih lama selama Ramadan. Anda bisa membuat menu sahur telur orak-arik yang dicampur potongan bayam dan keju feta kemudian dibungkus tortilla gandum.

2.  Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi. Untuk itu, buah alpukat harus menjadi menu wajib yang bisa dikonsumsi saat sahur agar stamina tubuh terjaga saat berpuasa seharian. Selain menambahkan tekstur dan rasa yang kaya pada hidangan sahur Anda, buah ini juga memiliki serat yang sangat tinggi. Dengan mengonsumsi alpukat di waktu sahur, perut akan merasa kenyang dan lebih nyaman seharian.

3.  Kurma

Selain disunahkan bagi umat Muslim, mengonsumsi kurma saat sahur juga memiliki dampak yang baik untuk tubuh. Mengandung banyak serat, mengonsumsi buah kurma juga bisa melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Sehingga, jadwal buang air besar di saat menjalankan ibadah puasa tak akan terganggu dan lebih teratur. Selain itu, serat dalam kurma juga berpotensi mengontrol gula dalam darah dan dapat memperlambat pencernaan untuk mencegah gula darah melonjak seketika. Tak hanya itu, Kurma yang merupakan makanan tinggi serat ternyata dapat membantu memperlambat penyerapan makanan di usus besar, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

4.  Bubur Oatmeal

Mengonsumsi bubur oatmeal bukan hanya membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat, melainkan bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama. Dalam sebuah hasil penelitian menyebut, makan bubur oatmeal dapat mengurangi rasa lapar dibanding makan sereal. Supaya bubur oatmeal tidak disajikan dengan polosan, Anda dapat menambahkan topping, seperti buah beri, pisang, hingga dikreasikan menjadi smoothie.

5.  Nasi Merah

Mengonsumsi nasi merah sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menyantap menu sahur sehat. Sebab, kandungan serat yang terdapat dalam nasi merah lebih tinggi dari nasi putih. Maka dari itu setelah mengonsumsi nasi merah Anda akan merasa perut lebih lama kenyang.

3 dari 3 halaman

Bahan Makanan yang Menyehatkan Tubuh

6.  Selai Almond

Mengonsumsi almond atau selai almond saat sahur adalah hal yang diharuskan. Sebab, selai almond memiliki banyak kandungan vitamin E dan diyakini membantu menurunkan kolesterol. Agar tidak bosan, Anda bisa mengganti berbagai varian dengan selain almond, mentega almond, atau kacang almond untuk memenuhi nutrisi Anda sepanjang hari.

7.  Selai Kacang

Selai kacang adalah bahan yang sangat lembut dan kaya protein. Selain itu, minyak sehat dalam selai kacang juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan dan diabetes. Selai kacang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur, sebab selai kacang juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Dengan demikian, Anda bisa mencoba memenuhi menu sahur Anda dengan smoothie selai kacang yang sehat.

8.  Smoked Salmon

Salmon telah menjadi bagian penting dari nutrisi manusia sejak zaman batu. Daging ikan ini merupakan bagian penting dari diet paleo yang sehat, karena merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang sangat baik.

Salmon juga dikenal dengan asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak esensial, karena tubuh tidak dapat membuatnya sendiri dan harus diperoleh dari sumber luar, untuk berkontribusi pada fungsi otak yang sehat. Anda bisa mencoba telur rebus, alpukat, dan smoked salmon untuk menu sahur Anda.

9.  Kacang Merah

Sayuran bernutrisi lain yang bisa menjadi bahan makanan untuk sahur yang kaya vitamin adalah kacang merah. Kandungan serat tidak larut dalam kacang merah, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus, serta membantu mencegah sembelit.

Itu tadi beberapa bahan makanan sehat yang dapat menjadi referensi Anda saat menyiapkan menu sahur di rumah. Semua jenis bahan makanan memiliki kandungan gizi dan nutrsi yang berbeda-beda, kenali kandungannya yang baik untuk tubuh agar puasa yang Anda jalani di bulan Ramadan ini menjadi lancar dan tubuh semakin sehat.