Sukses

Sambut Ramadan, XL Axiata Resmikan Masjid Wakaf Karyawan di Magetan

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Ramadan, presiden direktur sekaligus CEO XL Axiata Dian Siswarini meresmikan masjid wakaf karyawan dan manajemen perusahaan.

Masjid wakaf karyawan XL Axiata ini diberi nama Masjid Sadiah Binti Hadad Gandadiwirja yang baru selesai dibangun di Dusun Claket, Desa Bulugunung, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Bupati Kabupaten Magetan Suprawoto ikut mewakili masyarakat Kabupaten Magetan menyampaikan terima kasih atas masjid ini.

"Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, jadi ini sungguh hadiah yang luar biasa. Saya berharap, masyarakat Desa Bulugunung akan menjaga masjid ini sebaik-baiknya, agar bisa menjadi tempat beribadah dan juga pusat kegiatan sosial kemasyarakatan," katanya.

Dian Siswarini mengungkap, XL Axiata merasa terhormat dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat.

Perlu diketahui, pembangunan masjid Sadiah binti Hadad Gandadiwirja ini dimulai pada awal Desember 2020 dengan biaya Rp 1,2 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dana Pembangunan dari Wakaf Karyawan dan Manajemen

Dana tersebut berasal dari wakaf manajemen, karyawan, dan pelanggan XL Axiata. Masjid ini memiliki 240 meter di lahan seluas 500 meter persegi.

Dalam mewujudkan pembangunan masjid ini, XL Axiata bekerja sama dengan Rumah Zakat Indonesia. 

Program Wakaf sendiri merupakan program rutin Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) yang merupakan bagian dari program CSR perusahaan.   Pembangunan masjid wakaf ini merupakan proyek pembangunan wakaf yang diresmikan pertama pada tahun 2021.

Sebelumnya XL Axiata juga membangun wakaf jembatan di Lebak Banten, dan wakaf Balai Energi Listrik di Kalbar pada 2020.  

Dalam kesempatan yang sama Majelis Taklim XL juga menyalurkan Donasi untuk anak yatim piatu. Ke depan, XL Axiata akan bekerja sama dengan Rumah Zakat Indonesia, memberikan pendampingan selama 1 tahun berupa penyuluhan dan pelatihan untuk pemaksimalan dalam memanfaatkan fasilitas yang terdapat di masjid wakaf ini. 

3 dari 3 halaman

Perkuat Kapasitas Jaringan Jelang Ramadan

Baru-baru ini, XL Axiata mengatakan pihaknya akan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 200 persen.

Direktur Komersial XL Axiata, David Arcelus Oses, mengungkap, alasan peningkatan kapasitas jaringan ini untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Ramadan 2021.

"Belajar dari tahun lalu, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, meskipun pandemi masih berlangsung dan pembatasan pergerakan masyarakat," tuturnya dalam konferensi virtual.

Diprediksi, akan ada peningkatan trafik jaringan hingga 10 persen selama Ramadan jika dibandingkan hari biasa. Peningkatan itu diperkirakan bakal mencapai 20 persen saat memasuki masa libur Lebaran.

Tidak hanya itu, XL Axiata juga akan melakukan optimalisasi jaringan berdasarkan kemungkinan pergerakan pelanggan.

Ada beberapa wilayah yang menjadi perhatian XL Axiata, seperti residensial, tempat ibadah, tempat wisata, hingga rest area maupun gerbang tol.

Optimalisasi jaringan di gerbang tol dan rest area sendiri dilakukan berdasarkan pola pergerakan pelanggan tahun lalu.

XL Axiata mencatat meski ada larangan mudik tahun lalu, nyatanya ada pergerakan pelanggan Jabodetabek ke luar wilayahnya, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.