Sukses

6 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum

Liputan6.com, Jakarta - Puasa menjadi salah satu ibadah yang dilakukan seluruh umat muslim di dunia saat bulan Ramadhan. Berpuasa dilakukan umat Islam dengan menahan nafsu, termasuk makan dan minum dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari.

Agar ibadah puasa berjalan lancar, rupanya ada beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan karena dapat membatalkannya. Hal yang dapat membatalkan puasa yang tentu sudah kalian ketahui ialah makan dan minum. Namun, rupanya tak hanya makan dan minum saja.

Masih ada beberapa hal lain selain makan dan minum yang dapat membatalkan puasa. Oleh karena itu, ada baiknya kalian mengetahuinya hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa selain makan dan minum. Berikut ulasannya.

2 dari 7 halaman

1. Berhubungan Seksual

Bersetubuh atau berhubungan suami istri di siang hari di bulan Ramadhan menjadi hal yang dapat membatalkan puasa seseorang.

Namun, jika kedua pasangan berhubungan suami istri pada malam hari atau sesudah berbuka puasa, hal tersebut tidak akan merusak ibadah puasa yang dijalani.

3 dari 7 halaman

2. Muntah dengan Sengaja

Muntah dengan sengaja juga merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan puasa seseorang. Muntah dengan sengaja yang dimaksud adalah dengan keadaan sadar dan sengaja mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut.

Sedangkan jika seseorang tidak sengaja muntah atau sama sekali tak ada niatan untuk memuntahkan sesuatu dari mulut, maka hal tersebut tidak membatalkan puasa.

4 dari 7 halaman

3. Merokok

Selanjutnya, merokok juga bisa membatalkan puasa. Walaupun tidak makan dan minum, merokok saat puasa akan membuat ibadah puasa yang dijalani batal.

Asap rokok bisa masuk ke dalam lambung sehingga dengan jelas bisa membatalkan puasa. Nyatanya tak hanya saat puasa Ramadhan saja, merokok saat menjalankan puasa lainnya juga bisa membatalkan puasa.

5 dari 7 halaman

4. Datang Bulan atau Haid

Wanita yang datang bulan atau sedang haid tentu puasanya akan batal. Sekalipun haid datang di akhir siang atau menjelang waktu berbuka puasa, maka puasa yang sebelumnya dilakukan akan batal.

6 dari 7 halaman

5. Mengeluarkan Air Mani dengan Sengaja

Pria yang mengeluarkan air mani dengan sengaja saat menjalani puasa akan membatalkannya. Dia juga wajib untuk mengganti puasanya.

7 dari 7 halaman

6. Suntik

Saat disuntik, umumnya tubuh akan dimasukkan obat serta cairan. Hal ini yang membuat suntikan dapat membatalkan puasa.