Sukses

Semarakkan Ramadan 2021, Facebook Ajak Pengguna Berbuat Kebaikan

Pada Ramadan 2021, Facebook mengambil tema Bulan Kebaikan yang hadir di seluruh platform miliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Facebook kembali memperkenalkan kampanye baru perusahaan dalam rangka menyemarakkan Ramadan 2021. Apa itu?

Pada tahun ini, media sosial buatan Mark Zuckerberg itu mengambil tema Bulan Kebaikan yang hadir di seluruh platform miliknya.

"Facebook mengangkat tema Bulan Kebaikan, karena kami sadar perbuatan baik sekecil apapun dapat memberikan dampak bagi orang lain," tutur Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian dalam konferensi pers baru-baru ini.

Pieter mengatakan, kampanye Facebook dalam Ramadan kali ini hadir dalam tiga macam kegiatan, yaitu menjelajahi kebaikan, menginspirasi kebaikan, dan mengekspresikan kebaikan.

Melalui kegiatan menjelajahi kebaikan ini, Pieter menuturkan, Facebook ingin mengajak orang menemukan ide kebaikan yang dapat dilakukannya untuk orang lain.

Bersama kreator konten dan figur publik, Facebook pun membuat panduan ide-ide kebaikan yang bisa ditiru. Ide-ide kebaikan ini nantinya dapat diakses melalui laman Facebook Indonesia.

"Sebagai contoh, misalnya saat memesan makanan, kita bisa menambahkan satu porsi lagi yang dapat dibagikan untuk kurir pengantarnya," tutur Peter menjelaskan.

Sementara lewat kegiatan insiprasi kebaikan, Facebook berkolaborasi dengan kreator konten berbagi pengalaman kebaikan mereka selama Ramadan, sehingga dapat menginsiprasi orang lain melakukan hal serupa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagi Inspirasi Kebaikan

(ilustrasi/guim.co.uk)

Kegiatan inspirasi kebaikan ini hadir lewat program bernama Ramabar (Ramadan Bareng) bersama para streamer gamers. Jadi, para streamer ini akan melakukan siaran langsung menjelang waktu buka bersama komunitasnya.

"Nantinya sebelum buka puasa, ada kultum yang akan diberikan Ustaz Maulana dan Ustaz Syam mengenai topik seputar Ramadan yang dekat dengan gamers," tutur Pieter melanjutkan.

Program Ramabar sendiri dapat disaksikan di laman Facebook resmi Arkaw, LoeKeren, dan ZAN.

Adapun alasan Facebook menggandeng gamers karena komunitas ini menjadi salah satu yang terbesar di platform mereka. Terlebih, mereka juga memiliki kisah inspiratif yang dapat dibagikan.

Tidak hanya Facebook, kegiatan inspirasi kebaikan ini juga akan hadir di Instagram.

Menurut Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik, Philip Chua, aktivitas di Instagram akan diisi live streaming sejumlah kreator konten dengan tajuk Ngabuburit di Instagram.

"Ini merupakan serial Instagram Live selama 30 menit setiap minggunya selama bulan Ramadan. Lewat sesi live streaming ini, para kreator akan berbagi hal-hal baik yang mereka lakukan," tutur Philip.

Kreator konten yang akan meramaikan program Ngabuburit di Instagram ini adalah Prilly Latuconsina, Ersa Mayori, Meisya Siregar, dan Nagita Slavina.

 

3 dari 3 halaman

Ekspresikan Kebaikan

Terakhir untuk kegiatan mengekpresikan kebaikan, Facebook menggandeng sejumlah koki maupun vlogger makanan dari Indonesia termasuk beberapa negara di Asia Pasifik dan Turki.

Mereka diajak untuk mengekspresikan kebaikannya dengan berbagi dan bertukar resep makanan khas Ramadan yang dimiliki.

Ada Tastemade Indonesia, Hobby Makan, Eric Herjanto, Masala TV, Chef Wardah, dan Nefis Yemek Tarifleri yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.