Sukses

Quraish Shihab: Jangan Perlakukan Orang Lain dengan Apa yang Diri Kita Sendiri Tidak Sukai

Diambil dari kisah seorang bijak, Quraish Shihab mengatakan kebahagiaan jiwa terletak pada kurangnya dosa. Kebahagiaan hati pada kurangnya ketergantungan, dan kebahagiaan lidah pada kurangnya percakapan.

Liputan6.com, Jakarta Cendikiawan muslim Quraish Shihab mengungkap perkataan seorang bijak terkait hubungan antar individu yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam berinteraksi. 

Dikatakan,"Jadikanlah dirimu tolak ukur untuk berinterkasi dengan orang lain. Sukailah buat orang lain, apa yang dirimu sukai pada diri Anda."

Lebih lanjut Quraish Shihab mengungkapkan,"Jangan pula memperlakukan orang lain dengan apa yang diri kita sendiri tidak sukai dan jangan pula menganiaya seseorang, seperti halnya kita yang enggan dianiaya."

Kemudian orang bijak ini kembali berkata,"Apa yang kita anggap buruk disandang orang lain, jangan kita sandang. Dan janganlah mengucap sesuatu yang tidak kita ketahui, walau akibatnya diri sendiri akan dinilai buruk," ucap Quraish Shihab.

"Ketahuilah bahwa kebahagiaan jiwa terletak pada kurangnya dosa. Kebahagiaan hati pada kurangnya ketergantungan, dan kebahagiaan lidah pada kurangnya percakapan." 

Demikian cerita Quraish Shihab tentang seorang bijak yang menjadikan hubungan antar individu sebagai tolak ukur dalam berinteraksi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.