Sukses

Baik Diminum Saat Buka, Ketahui 6 Manfaat Susu Kurma bagi Kesehatan

Ada beberapa manfaat susu kurma bagi kesehatan tubuh seperti dapat membantu menyehatkan jantung dan tulang.

Liputan6.com, Jakarta Adzan Magrib berkumandang itu pertanda saatnya berbuka puasa. Ketika berbuka dianjurkan untuk mengonsumsi sesuatu yang manis. Salah satunya adalah mengonsumsi kurma dan itu menjadi sunnah Rasulullah SAW.

Konsumsi kurma pun disarankan dalam jumlah ganjil, mulai dari 3 hingga 7. Mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa bisa membantu perut lebih cepat kenyang, sehingga menghindarkan dari konsumsi makanan yang berlebihan. 

Selain dikonsumsi secara langsung, buah kurma juga dapat disantap dengan berbagai menu olahan. Baik dicampurkan dalam olahan kue, maupun menjadi bahan tambahan dalam menu minuman segar saat buka puasa. Salah satu olahan minuman kurma yang mampu melegakan dahaga saat berbuka adalah susu kurma.

Minuman susu kurma biasanya dibuat dengan cara mencampurkan buah kurma yang direndam dalam air dengan susu segar kemudian diblender hingga tercampur rata. Konsumsi susu kurma saat berbuka puasa ternyata dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Panasaran apa saja manfaat susu kurma bagi kesehatan apabila dikonsumsi ketika berbuka puasa? Berikut telah dirankum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (9/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat susu kurma bagi kesehatan yang pertama adalah untuk kesehatan jantung. Selain kandungan serat alami, kurma juga mempunyai beberapa kandungan lain yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya adalah kandungan kalium. Kandungan ini dapat bekerja membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Dengan begitu, tekanan darah dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat alami yang dimiliki kurma juga turut membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Manfaat susu kurma yang satu ini tentu saja sayang untuk dilewatkan selama menjalani ibadah puasa Ramadan.

3 dari 7 halaman

2. Membantu Mengatasi Sembelit

Manfaat susu kurma bagi kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi menyembuhkan sembelit. Mengonsumsi berbagai macam makanan saat sahur dan berbuka selama puasa dapat membuat sistem pencernaan tidak lancar.

Apalagi jika terlalu banyak makan gorengan atau makanan lainnya yang sulit dicerna, maka dapat dengan mudah menyebabkan kondisi sembelit. Kondisi perut sembelit karena buang air besar tidak lancar, tentu memberikan rasa yang tidak nyaman.

Apalagi jika hal ini sering terjadi saat menjalani ibadah puasa. Di mana perut akan terasa penuh serta bergas di dalamnya. Jika tidak segera diobati, kondisi yang semakin buruk pun bisa terjadi. Salah satu cara mengatasi perut sembelit bisa dengan mengonsumsi susu kurma.

Susu kurma mempunyai kandungan serat alami yang cukup banyak dan mudah dicerna oleh usus. Serat alami ini akan membawa air dalam usus, sehingga dapat memperlancar buang air besar.

Anda bisa membuat minuman ini dengan mencampurkan kurma yang telah direndam dengan susu segar kemudian diblender hingga tercampur rata. Minuman ini baik disantap secara rutin saat berbuka puasa.

4 dari 7 halaman

3. Mencegah Anemia

Manfaat susu kurma bagi kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah anemia. Saat berpuasa tentu saja tubuh menjadi kekurangan cairan dan asupan makanan dibandingkan sebelumnya. Hal ini kemudian bisa menyebabkan tubuh kekurangan darah, atau biasa disebut dengan anemia. Hal ini perlu dihindari agar ibadah puasa berjalan dengan baik dalam kondisi tubuh yang sehat.

Salah satu cara mencegahnya bisa dengan mengonsumsi minuman susu kurma. Konsumsi susu kurma dinilai dapat menurunkan risiko terjadinya anemia selama berpuasa. Pasalnya, kurma mempunyai kandungan zat besi cukup tinggi yang sangat berguna untuk mengatasi dan mencegah anemia. Kandungan ini bekerja untuk memproduksi hemoglobin dalam darah. Di samping itu, zat besi juga bertugas membantu mengalirkan oksigen melalui aliran darah dengan lancar.

5 dari 7 halaman

4. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat susu kurma bagi kesehatan yang berikutnya adalah memperkuat tulang dan gigi. Kita wajib menjaga kesehatan tulang dan gigi karena tulang adalah penopang tubuh. Tanpa memiliki tulang yang sehat, kita tidak akan beraktivitas secara normal.

Satu di antara cara untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari berbagai macam masalah adalah berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium. Satu di antara berbagai macam makanan atau minuman yang mengandung tinggi kalsium adalah susu kurma. Minuman ini dapat Anda minum saat berbuka puasa.

Kalsium adalah komponen utama dalam menjaga kesehatan tulang selain vitamin D, sehingga asupan kalsium yang tercukupi akan membuat tulang kita tetap kuat dan terhindar dari keropos. Selain itu, kandung kalsium yang cukup tinggi pada susu kurma dapat membuat gigi kita menjadi lebih sehat dan kuat dan dapat terhindar dari kerusakan.

6 dari 7 halaman

5. Menyehatkan Sistem Saraf

Manfaat susu kurma bagi kesehatan yang berikutnya adalah menyehatkan sistem saraf dalam tubuh. Dalam hal ini, susu kurma mempunyai kandungan vitamin E, natrium, dan kalium yang sangat berguna untuk menyehatkan sistem saraf.

Sistem saraf yang sehat dan dapat berfungsi secara optimal, tentu dapat memperlancar sistem kerja tubuh lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mulai menambahkan susu kurma ke dalam menu buka puasa. Dengan mengonsumsi susu kurma secara rutin setiap berbuka puasa, maka secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem saraf dalam tubuh. Dengan begitu, ibadah puasa bisa lebih mudah dan lancar dijalankan.

7 dari 7 halaman

6. Menambah Produksi ASI

Manfaat susu kurma bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah menambah produksi ASI bagi ibu yang masih menyusui apalagi saat berpuasa yang sedang menjalankan ibadah puasa. Kurma jadi salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan.

Dalam buah kurma terdapat kandungan yang dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, kandungan gula alami dalam kurma juga bisa berfungsi sebagai energi cadangan bagi ibu selama menyusui. Manfaat kurma dalam meningkatkan produksi ASI dipercaya akan bertambah jika dikombinasikan dengan susu, terutama jenis susu UHT.

Itulah manfaat susu kurma bagi kesehatan yang baik dikonsumsi pada waktu berbuka puasa. Mulai sekarang jadikan susu kurma menjadi salah satu menu minuman sehat yang wajib ada ketika berbuka puasa di bulan Ramadan 2021 ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini