Sukses

10 Manfaat Sahur bagi Kesehatan, Jangan Dilewatkan

Ahli kesehatan mengatakan manfaat sahur bagi kesehatan baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Secara medis, manfaat sahur bagi kesehatan tak perlu diragukan lagi. Ahli kesehatan mengatakan bahwa dengan sahur, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik. Sistem imun yang baik akan membantu tubuh terhindar dari berbagai masalah penyakit saat menjalankan ibadah puasa.

Bukan hanya itu, tetapi manfaat sahur bagi kesehatan begitu berdampak pada sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sampai metabolisme. Bagi penderita GERD, manfaat sahur bagi kesehatan dapat mencegah lambungnya terluka. Sahur pun termasuk salah satu sumber energi terbaik saat puasa.

Rasulullah SAW memberikan ketegasan manfaat sahur bagi kesehatan dan pentingnya tak melewatkan waktu sahur. Sahur dapat mendatangkah keberkahan. Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Anas bin Malik: “Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan.” (HR Bukhari: 1923)

Berikut Liputan6.com ulas manfaat sahur bagi kesehatan dari berbagai sumber, Jumat (9/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Sahur bagi Kesehatan

Sumber Energi

Manfaat sahur bagi kesehatan adalah menjadi sumber energi utama. Asupan sahur yang baik dapat menjadi cadangan tenaga atau pun energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas seharian penuh.

Pilihlah makanan yang mengandung gizi baik agar manfaat sahur bagi kesehatan lebih maksimal. Jangan lupa tambahkan sayur dan buah agar sistem pencernaan tetap baik, meskipun lebih dari 12 jam ke depan tidak ada asupan makanan ataupun minuman yang masuk.

Mencegah Penyakit

Manfaat sahur bagi kesehatan dapat mencegah berbagai masalah penyakit. Sahur diketahui dapat mengurangi potensi berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes dan stroke yang diakibatkan oleh sindrom metabolik. Apa itu sindrom metabolik?

Sindrom metabolik adalah sebuah kondisi kesehatan yang memburuk dan terjadi pada waktu yang bersamaan. Hal ini dapat diindakasikan melalui naiknya tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan penumpukan lemak.

3 dari 6 halaman

Manfaat Sahur bagi Kesehatan

Mencegah Dehidrasi

Manfaat sahur bagi kesehatan yang ketiga adalah mencegah dehidrasi. Sahur sangat penting untuk menjaga kecukupan cairan tubuh. Setiap harinya tubuh membutuhkan sekitar 2 liter air.

Pada bulan Ramadan, kesempatan untuk minum terbatas hanya sore setelah buka puasa dan malam hari hingga imsak. Manfaat sahur bagi kesehatan ini merupakan salah satu waktu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh tersebut.

Tanpa sahur, kebutuhan cairan tubuh sulit terpenuhi dengan baik, sehingga berisiko mengalami dehidrasi saat puasa. Dehidrasi ditandai dengan rasa haus berlebih, badan lemas, kurang kosentrasi, serta jumlah urine yang sangat sedikit dan berwarna pekat. Anda disarankan untuk minum air paling tidak 2 gelas saat sahur.

Menjaga Pencernaan

Manfaat sahur bagi kesehatan yang keempat adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Lambung yang kosong dalam jangka waktu terlalu lama tidak baik. Kondisi perut kosong dalam jangka waktu lama akan menyebabkan peningkatan kadar asam lambung.

Begitu juga menyebabkan gejala mag berupa nyeri ulu hati, rasa terbakar di dada, dan mual atau muntah. Kondisi ini tentunya akan mengganggu kelancaran puasa. Makan sahur penting untuk mengisi lambung dan manfaat sahur bagi kesehatan dapat mencegah pengeluaran asam lambung berlebih selama berpuasa.

4 dari 6 halaman

Manfaat Sahur bagi Kesehatan

Menjaga Berat Badan

Manfaat sahur bagi kesehatan adalah menjaga keseimbangan berat badan. Untuk memasok energi yang dibutuhkan, tubuh akan melakukan berbagai cara seperti memecah lemak dan protein sebagai sumber energi tubuh.

Hal ini akan menyebabkan penurunan berat badan yang berlebihan selama puasa. Mungkin bagi yang memiliki badan gemuk, efek ini diharapkan. Berbeda bagi yang memiliki berat badan ideal atau justru memiliki berat badan kurang, efek ini tidak baik.

Penurunan berat badan berlebih berisiko bagi kesehatan Berat badan yang kurang, risiko mengalami peyakit infeksi lebih besar karena daya tahan tubuh pun secara otomatis berkurang. Selain itu, kemampuan kerja akan menurun karena kurangnya massa otot tubuh.

Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Ahli kesehatan mengatakan bahwa dengan sahur, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik. Manfaat sahur bagi kesehatan ini patut dijadikan catatan yang penting.

Bila sistem kekebalan tubuh terjaga dengan baik, maka masalah kesehatan tak lagi menjadi kekhawatiran. Sehingga berbagai penyakit yang timbul akibat bakteri atau virus akan lebih sulit menyerang.

Agar manfaat sahur bagi kesehatan bisa semakin maksimal bisa tambahkan asupan. Tambahan multivitamin dan susu saat sahur bisa menjadi pendamping yang tepat untuk menambah kekebalan tubuh.

5 dari 6 halaman

Manfaat Sahur bagi Kesehatan

Mencegah Hipoglikemia

Manfaat sahur bagi kesehatan bisa mencegah masalah hipoglikemia. Sahur merupakan kesempatan untuk mengisi tubuh dengan energi. Untuk dapat bekerja, semua sel tubuh membutuhkan energi yang salah satunya berasal dari glukosa darah.

Nah, tanpa pasokan makanan dalam jangka waktu yang lama selama berpuasa, gula darah akan terpakai oleh sel-sel tubuh sebagai sumber energi. Akibatnya, dapat terjadi hipoglikemia, yaitu kadar gula darah yang rendah.

Hipoglikemia ditandai dengan gejala berupa badan terasa lemas, pusing, sulit berkosentrasi, gemetar, keringat dingin, hingga dalam kondisi berat dapat menyebabkan pingsan. Di sini pentingnya memahami manfaat sahur bagi kesehatan.

Mencegah Sakit Kepala

Manfaat sahur bagi kesehatan bisa mencegah dan meredakan sakit kepala. Bagi yang memiliki asam lambung tinggi, maka sahur merupakan hal yang wajib dilaksanakan.

Bila menahan lapar seharian tanpa melakukan kegiatan sahur, maka asam lambung akan naik dan dapat menimbulkan sakit kepala. Manfaat sahur bagi kesehatan ini penting, apalagi tanpa sahur, penderita GERD berisiko melukai lambungnya.

6 dari 6 halaman

Manfaat Sahur bagi Kesehatan

Menghindari Sindrom Metabolik

Manfaat sahur bagi kesehatan yang kesembilan adalah menghindarkan tubuh dari sindrom metabolik. Pada saat tidur, tubuh akan memproduksi sejumlah hormon. Ada hormon pertumbuhan (HGH), hormon testosterone, melatonin, dan follicle stimulating hormone (FSH).

Hormon-hormon tersebut memiliki peran penting bagi tubuh manusia yang melaksanakan ibadah puasa. Tetapi semakin malam, maka pertumbuhan hormon tersebut semakin berkurang.

Pada saat itu terjadi, maka hormon kortisol atau hormon stress dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Saat bangun, maka hormon kortisol akan menghilang seketika. Itulah mengapa manfaat sahur bagi kesehatan saat bangun hormon kortisol akan terhenti.

Bila bisa menghilangkan hormon kortisol, maka tubuh sama dengan menghentikan penyakit yang suatu waktu akan terjadi karena hormon kortisol seperti, kencing manis, hipertensi, diabetes, hingga kolestrol.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat sahur bagi kesehatan yang terakhir adalah mampu melancarkan peredaran darah. Terutama bila melaksanakan sahur dengan meminum banyak air hangat, ampuh melancarkan peredaran darah.

Saat bangun dari tidur, bila ingin membuat lemak-lemak jahat di dalam perut hilang, maka ada baiknya minum dengan air hangat. Saat kita meminum air hangat, maka tumpukan lemak dalam tubuh akan menghilang. Maka risiko penyakit kolestrol, jantung, dan hipertensi akan berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.